Usai Jadi Wali Nikah Adiknya, Jokowi Ditemani Gibran Blusukan ke Pasar

Oleh Fajar Abrori pada 26 Mei 2022, 19:28 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 19:56 WIB
Presiden Jokowi Salurkan Bansos di Pasar Gede
Perbesar
Presiden Jokowi usai menjadi saksi nikah adiknya langsung melakukan blusukan di Pasar Gede Solo dan menyalurkan bansos kepada masyarakat penerima, Kamis (26/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)  

Liputan6.com, Solo - Seusai menjadi wali pernikahan adiknya, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Presiden Jokowi langsung melakukan blusukan di pasar tradisional yang ada di Solo. Dalam blusukannya itu, mantan Wali Kota Solo itu juga membagikan bantuan sosial (bansos).

Saat mengunjungi pasar tradisional, Presiden Jokowi sudah tidak mengenakan pakaian adat Jawa beskap dan blangkon seperti saat menunaikan tugasnya menjadi wali nikah saat pernikahan Idayati-Anwar Usman.

Jokowi tampak mengenakan kemeja panjang warna putih dan celana panjang warna hitam. Dalam kunjungan kerjanya itu, ia didammpingi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Saat blusukan di Pasar Gede, kedatangan Presiden Jokowi tampak disambut antusias oleh para pedagang dan masyarakat. Mereka tak henti-hentinya memanggil nama mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi terlihat hanya tersenyum dan melambaikan tangan kepada warga yang memadati kawasan Pasar Gede. Bahkan, sejumlah warga berusaha mendekati Presiden tetapi dihalau petugas Paspampres.


Salurkan Bansos

Dalam kunjungannya di Pasar Gede, Presiden yang didampingi Risma menyaksikan penyerahan bansos (PKH, BPNT dan BLT minyak goreng secara simbolis juga diberikan kepada 7 kelompok penerima manfaat dengan jumlah bantuan Rp7.700.000.

Sedangkan bantuan atensi yang diserahkan berupa bantuan aksesibilitas (motor roda tiga, kursi roda adaptif, kursi roda elektrik, kursi roda multi guna, tongkat penuntun adaptif) dan bantuan modal usaha (usaha penjahitan, jualan nasi, dan sayuran) sejumlah Rp129.569.450 untuk 10 penerima manfaat.

Setelah itu, Presiden Jokowi bergeser menyambangi puluhan penarik becak yang berjajar di depan pasar tersebut. Jokowi pun menyerahkan amplop kepada para penarik becak.


Rela Menunggu Lama

Salah satu penarik becak, Darmanto mengaku senang akhirnya bisa bertemu Presiden Jokowi setelah menunggu sejak pagi. Saat bertemu, ia pun sempat bersalaman dengan Presiden Jokowi dan diberi amplop berisi uang.

"Enggak sia-sia menunggu sejak pagi dapat amplop dari Presiden isinya uang Rp200 ribu," kata dia semringah.

Usai menyapa puluhan penarik becak, Jokowi pergi meninggalkan Pasar Gede sambil membagikan kaus kepada warga yang memadati depan Pasar Gede.

Selain Pasar Gede, Jokowi sebelumnya juga mengunjungi Balekambang, Pasar Mojosongo. Setelah itu, ia pun melanjutkan kunjungan kerjanya ke Pasar Harjodaksino.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya