Tak Perlu Jauh-Jauh ke Bali, 4 Pantai di Yogyakarta Ini Jadi Surganya Peselancar

Oleh Switzy Sabandar pada 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Pantai Parangtritis
Perbesar
Pantai Parangtritis salah satu surganya peselancar. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi pencinta olaharga ekstrem, surfing, atau berselancar dapat menjadi salah satu pilihan. Para surfer atau peselancar juga dapat mencoba menaklukkan ombak di Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki spot surfing yang cocok untuk melakukan olahraga air ini. Kini para surfer tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali atau luar negeri untuk melakukan olahraga yang cukup menantang tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet pantai Yogyakarta yang cocok untuk peselancar atau surfer.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis mungkin terkenal dengan cerita mistisnya. Namun, siapa sangka ombak "ganas" Pantai Parangtritis menjadi salah satu spot terbaik untuk berselancar.

Pada musim-musim tertentu, ombak pantai ini masih tergolong aman untuk ditaklukan menggunakan papan selancar. Kondisi ombak Pantai Parangtritis yang cepat berubah, arus balik yang kuat serta, hadirnya palung yang dalam mungkin dapat menjadi kendala bagi para surfer.

Namun, justru kondisi ini membuat ombak khas Pantai Parangtritis memiliki sensasi tersendiri bagi para peselancar andal.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Wediombo

2. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo disebut para surfer sebagai spot terbaik untuk berselancar di Yogyakarta. Sebab, pantai ini cenderung memiliki ombak yang lebih stabil.

Untuk para pengunjung yang ingin belajar berselancar juga dapat melakukannya di pantai ini. Terdapat komunitas surfing berlisensi, yang siap untuk mengajarkan para pengunjung surfing.

Dengan biaya Rp100.000 untuk 1,5 jam pelajaran, para pengunjung dapat mencoba menaiki ombak Pantai Wediombo dengan papan selancar. Selain itu, Pantai Wediombo memiliki panorama yang cantik, dan air laut yang masih tergolong jernih, sehingga selain surfing pengunjung dapat sekaligus mencoba snorkeling.

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal terkenal memiliki garis pantai yang indah. Pantai ini juga direkomendasikan oleh para surfer internasional sebagai salah satu spot terbaik untuk berselencar.

Pantai Krakal menawarkan ombak menantang yang cocok untuk para surfer profesional. Jadi, pantai ini memang tidak disarankan untuk para pemula.

Untuk mencoba surfing di pantai ini, para surfer haruslah membawa papan selancar sendiri.


Ngandong

4. Pantai Ngandong

Pantainya yang jernih serta bibir pantai yang menawan, menjadikan Pantai Ngandong menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pengunjung. Tidak lupa, ombak pantai ini yang tenang.

Membuat pantai ini menjadi incaran para surfer untuk memulai eksplorasinya. Dengan ombak sedang, pantai ini cocok bagi para pemula untuk memulai surfing.

Bahkan, di pantai ini, juga terdapat surfer lokal yang bisa menjadi pemandu surfing.

 

Penulis: Tifani

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya