Menanti Hasil Investigasi Labfor Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Mungkinkah Ada Tersangka?

Oleh Apriyanto pada 24 Mei 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 20:00 WIB
Kabid Humas Polda Kaltim
Perbesar
Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo. (Liputan6.com/Apriyanto)

Liputan6.com, Balikpapan - Hingga saat ini penyelidikan dalam kasus kebakaran yang terjadi Plant 5 kawasan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Balikpapan masih terus dilakukan. Selain memeriksa sejumlah saksi-sakai, pihak kepolisian juga tengah menunggu hasil dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri cabang Surabaya. Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Yusuf Sutejo.

"Sampai saat ini tim dari Puslabfor Mabes Polri masih terus bekerja melakukan penyelidikan. Kami pun masih menunggu hasil investigasi tim labfor," terang Yusuf kepada awak media, pada Senin (23/5/2022).

Sebelumnya, Tim Puslabfor Mabes Polri sudah melakukan olah tempat kejadian perkara kebakaran dan mengambil sampel dari lokasi kebakaran, pada Selasa (17/5/2022) lalu. Selain itu, pihak kepolisian juga sudah memeriksa tujuh orang saksi dalam kasus kebakaran yang menewaskan seorang pekerja berinisial J (22) tersebut.

"Saksi-saksi yang sudah diperiksa ini seluruhnya pekerja yang ada di lokasi kejadian," sebutnya.


Tiga Korban Belum Dimintai Keterangan

Kebakaran Pertamina Balikpapan
Perbesar
Kebakaran di area Kilang Pertamina Internasional Balikpapan, Minggu (15/5/2012). (Liputan6.com/Istimewa)

Akan tetapi, pihak kepolisian belum meminta keterangan dari tiga korban yang mengalami luka bakar cukup parah, karena masih dalam perawatan tim medis, sehingga belum memungkinkan untuk dimintai keterangan.

"Berdasarkan saran tim medis, kondisinya masih trauma," ujar perwira berpangkat tiga melati di pundak.

Ditanya soal kemungkinan adanya tersangka dalam kasus ini, Yusuf mengaku bakal menunggu hasil pemeriksaan Puslabfor Mabes Polri. "Iya bisa jadi (ada tersangka), tergantung hasil pemeriksaan, apakah ada human error atau teknis," tegasnya.

Untuk diketahui, kebakaran kembali terjadi di kawasan kilang minyak Pertamina Balikpapan, pada Minggu (15/5/2022) pagi.

Enam pekerja jadi korban dalam kebakaran ini, di mana satu pekerja berinisial J (22) meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

 

Simak video pilhan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya