Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pra Summit Y20, Isu Lingkungan Jadi yang Utama

Oleh Apriyanto pada 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Pra Summit Y20
Perbesar
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pra Summit Y20 di Balikpapan. (Liputan6.com/Apriyanto)

Liputan6.com, Balikpapan - Kota Balikpapan dipilih sebagai tuan rumah digelarnya Pra Summit Y20. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (21/5/2022) malam di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan ini, dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, para pejabat dari kementerian, Gubernur Kaltim, serta para delegasi dari sejumlah Negara.

Dalam kegiatan tersebut, isu lingkungan menjadi yang paling utama diusung. Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan keberadaan Balikpapan sebagai tuan rumah mempunyai keunggulan terutama dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara di Kaltim.

Mengusung lima konsep yakni smart workplace, smart living, smart mobility dan transportation, smart nature preservation dan smart transformation of nation and culture.

Gubernur Isran mengatakan pada peserta Pra Summit Y20 bisa lihat langsung IKN Nusantara yang luasnya capai 621 hektare.

"Salah satunya kenapa jadi di sini (Balikpapan), supaya nanti ada delegasi yang mau ke sana melihat, apakah di sana itu IKN akan merusak lingkungan atau tidak,” terang Isran Noor usai menghadiri kegiatan, pada Sabtu (21/05/2022) malam.

Komitmen Kaltim untuk melestarikan lingkungan bisa dilihat dari progres pembangunan IKN Nusantara. Bahkan Isran mengklaim hanya sekitar 5 persen dari total lahan yang masuk kawasan IKN untuk infrastruktur jalan maupun bangunan.

“Dalam rencana pembangunan itu kan, lahan itu kan pasti tidak akan diganggu kawasan hutannya, karena kawasannya itu berada di sekitar 256 ribu bahkan sampai mencapai 621 ribu hektar,” terangnya.

IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city (kota pintar), kota modern berkelanjutan, serta memiliki standar internasional sehingga menjadi contoh bagi pembangunan kota-kota lain di Indonesia.

IKN Nusantara nantinya akan memiliki 70% area hijau, 80% transportasi publik, dan pengurangan suhu 2 derajat. IKN akan menjadi kota inklusif, terbuka, dan ramah bagi seluruh kalangan masyarakat untuk hidup berdampingan.

“Untuk jalan nanti akan berada di sebagian besar di bawah permukaan untuk tidak mengganggu permukaan lahan yang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman,” ujar Isran.

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi dan memuji Balikpapan sebagai kota yang paling dicintai karena konsisten untuk menjaga lingkungan dengan sejumlah prestasi. Seperti meraih Adipura tingkat ASEAN.

Menteri Siti Nurbaya juga berharap pemuda Indonesia dapat menjadi pemuda penggerak dalam hal apapun baik lingkungan maupun ekonomi.

”Pemuda harus aktif dalam menjaga lingkungan, turut serta dalam upaya pemulihan ekonomi. Menjadi agent of change atau penggerak perubahan,” ungkapnya.

Rencana kegiatan Pra Summit Y20 pada Minggu pagi hingga siang akan digelar pembahasan mengenai isu-isu penting seperti tenaga kerja muda, transformasi digital, ekosistem berkelanjutan dan juga masalah keberagaman.

Delegasi juga direncanakan akan meninjau dan melakukan penanaman Mangrove di Margo Mulyo serta mengunjungi Kebun Raya Balikpapan, Minggu (22/5/2022).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Empat Isu Yang Dibahas Para Peserta

Pra Summit Y20
Perbesar
Para delegasi dari sejumlah negara saat memperkenalkan di acara Pra Summit Y20 di Balikpapan. (Liputan6.com/Apriyanto)

Sementara itu, CO Chair Y20 Indra Dwi Prasetyo menjelaskan ada empat isu yang dibahas oleh para peserta Pra Summit Y20, yang pertama masalah ketenagakerjaan anak muda. Kedua tentang digital transformasi sekarang.

"Kita juga bicara tentang leading yang seperti sekarang. Nanti yang keempat kita akan bicara tentang inklusif tentang apa keberagaman isu itu menurut kita kekuatan Indonesia sebagai anak muda dengan number yang banyak Y20," ungkap Indra.

Ditambahkan Indra digelarnya event tersebut untuk menghimpun suara dari teman-teman lokal untuk kemudian memberi partisipasi mereka terhadap isu-isi yang dibawa di Y20.

"Kita rancang dan kemudian kita jadikan komunikasi untuk kita berikan kepada Presiden Jokowi agar kedepannya bisa didistribusikan kepada kepala negara anggota G20 lainnya," paparnya.

Balikpapan sendiri dipilih berdasarkan perannya dalam melestarikan lingkungan. Selain itu IKN Nusantara membuat Balikpapan punya posisi strategis sebagai kota penyangga. Peran pemuda sangat diperlukan dalam mendukung progres pembangunan IKN Nusantara.

"Tugas kita adalah mengawasi tapi kemudian kita melihat banyak hal yang kemudian bisa kita pelajari. Salah satunya adalah visi besar Indonesia dan kita sebagai anak muda peran kita hari ini mesti punya kontribusi lebih," tandasnya.

 

 

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya