Miliaran Rupiah untuk Penataan Tata Taman Kandilo, Arena Bermain Anak Justru Hilang

Oleh Apriyanto pada 23 Mei 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 13:00 WIB
Perbaikan Tepian Kandilo
Perbesar
Taman Siring Kandilo menjadi opsi masyarakat Paser mengisi akhir pekan. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Paser - Salah satu spot pilihan untuk bersantai sejenak di Kecamatan Tanah Grogot, yakni Taman Siring Tepian Kandilo atau Taman Kandilo, berada di pusat kota hanya sekitar 5 menit dari Kantor Bupati Paser.

Ada berbagai macam fasilitas. Di antaranya area bermain anak, duduk santai menikmati pemandangan Sungai Kandilo sembari menyantap camilan. Ya, di taman ini terdapat banyak penjual makan maupun minuman.

Namun terdapat fasilitas terlihat kurang pemeliharaan, cat mulai memudar serta jalanan kecil di area taman pada beberapa titik mulai hancur. Tentu perbaikan maupun penataan lebih baik harus dilakukan Pemkab Paser.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser, Asnawi mengatakan pada tahun ini akan dilakukan penataan Siring Tepian Kandilo. Pengerjaannya nanti terbagi 4 segmen.

"Untuk segmen satu nantinya RTH (Ruang Terbuka Hijau), sedangkan segmen dua depan Masjid Agung At-Taqwa akan sedikit dilakukan perbaikan, karena sebagian besar hanya lantainya yang perlu diperbaiki," ucap Asnawi, Sabtu (21/5/2022).

Segmen tiga nantinya terdapat area pedestrian, traffic light, area komunal untuk tempat duduk atau berkumpul, ikon taman, area parkir kendaraan roda dua. Sedangkan segmen empat diperuntukkan area parkir roda empat.

Pengerjaan yang terbagi 4 segmen ini, hanya segmen 3 yang dirancang lebih dulu. "Saat ini proses perencanaan sedang berjalan," sambungnya.

Segmen tiga ini dengan luasan lahan 8.436 meter persegi dengan anggaran Rp6,9 miliar pada tahun ini. Sementara secara keseluruhan dana yang diperlukan mencapai Rp10,7 miliar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak Video Pilihan Ini:


Arena Bermain Anak Dihilangkan

Tepian Kandilo
Perbesar
Arena bermain anak nantinya tidak ada lagi. (Liputan6.com/Istimewa)

Guna mempercantik dan memperkenalkan taman ini, nantinya akan dipasang miniatur kapal asli Kabupaten Paser di belakang tulisan ikon Siring Kandilo. Kemudian area bermain anak saat ini nantinya tak ada lagi.

"Semuanya sudah kami hilangkan. Kami tidak ingin terbentur dengan kegiatan Disporapar, karena seluruh area permainan itu nantinya ada di seberang (kawasan wisata terpadu)," sebut dia.

Area parkir kendaraan roda dua berada di depan Gedung MTQ - Tugu Putri Petung. Pasalnya sekarang ini tidak ada tempat parkir di Taman Siring Tepian Kandilo.

Akibatnya parkir kendaraan memakan bahu jalan. Fasilitas untuk penyandang disabilitas pun bakal diakomodir.

"Untuk titik penyeberangan ada di depan galeri ATM dan depan Gedung MTQ. Serta nantinya terdapat lampu hias dari serabut baja," dia memungkasi.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya