Sukses

Trik Polisi Solo Demi Lancarnya Pernikahan Ketua MK dan Adik Presiden Jokowi

Polresta Solo akan mengerahkan sebanyak 758 personel untuk mengamankan acara pernikahan Ketua MK, Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi, Idayati di Gedung Graha Saba Buana pada Kamis (26/5/2022). Selain mengamankan jalannya proses pernikahan, polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi pernikahan.

Liputan6.com, Solo - Polresta Solo ikut melakukan serangkaian persiapan untuk pelaksanaan pernikahan adik Jokowi Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Polresta Solo bakal menerjunkan 758 polisi untuk membantu keamanan dan kelancaran proses pernikahan yang akan digelar pada Kamis (26/5/2022) mendatang.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan bahwa pengamanan pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK tak hanya melibatkan polisi dan TNI. Namun, juga melibatkan unsur dari pemerintah Kota (Pemkot) Solo, baik dari Dinas Perhubungan Solo maupun dari Satpol PP Solo. 

“Kalau polisi sendiri ada sekitar 758 personel intinya kita ingin semua kegiatan bisa ter-cover karena di situ juga ada pengamanan VVIP sendiri ranah dari Korem maupun pengamanan kegiatan masyarakat itu sendiri,” kata di di Solo, Sabtu (21/5/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Selain melakukan pengamanan, polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di simpang Giri Mulyo. Semua kendaraan berat akan diarahkan lurus ke terminal dan belok kiri melalui Jembatan Keris hingga melalui Palang Joglo. Pengalihan dilakukan untuk mengurangi beban arus lalu lintas di depan Gedung Graha Saba yang menjadi tempat adik Jokowi menikah tepatnya di sepanjang jalur Jalan Letjen Suprapto.

"Rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan arus lalu lintas kendaraan kecil. Kita akan berlakukan oneway satu arah dari arah selatan ke utara mulai dari simpang sate Dahlan sampai sepanjang Jalan Letjen Suprapto,” ungkapnya. 

Polisi juga menyiapkan sembilan kantor parkir yang ada di sekitar venue pernikahan adik Jokowi dan ketua MK, Graha Saba Buana. Rencananya, semua tamu akan turun di depan pintu masuk gedung Graha Saba. Sedangkan mobil pengantar akan langsung diarahkan menuju kantong-kantong parkir yang telah disediakan.

“Nanti sistemnya drop in, semua pengantar sampai  terus di drop in di depan pagar pintu masuk Graha Saba. Tamu undangan turun dan driver serta mobil kita arahkan di sembilan kantong parkir yang disiapkan,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.