Sukses

Ketika Kalsel Promosikan Wisatanya di Hadapan Sandiaga Uno

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor temui Menparekraf Sandiaga Uno untuk meminta dukungan pengembangan pariwisata di Kalsel.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya untuk meningkatkan nilai jual dan daya tarik wisata, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bersama bupati dan walikota se-Kalsel menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno di Kantor Kemenparekraf. Kedatangan rombongan kepala daerah pada Rabu, 18 Mei 2022, disambut hangat oleh Sandiaga Salahuddin Uno beserta jajarannya.

Dalam audiensi tersebut, Sahbirin menyampaikan upaya untuk mendorong sektor pariwisata dan ekonomi di Kalsel tahun 2021-2026 dalam bentuk visi Kalimantan Selatan, yakni Kalsel Maju sebagai Gerbang Ibukota Negara (IKN). Salah satu pilar visi tersebut adalah mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan.

Sahbirin juga menyampaikan jika Kalsel memiliki potensi yang cukup beragam di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, baik wisata alam, budaya, religi, maupun wisata buatan. Guna memaksimalkan potensi tersebut, kendala seperti keterbatasan anggaran, infrastruktur pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif yang belum memadai.

“Salah satu upaya komitmen daerah dalam mengembangkan pariwisata Kalimantan Selatan yaitu disusunnya peraturan gubernur terkait usulan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Kalimantan Selatan tahun 2021-2026, yang nantinya diharapkan menjadi penggerak perekonomian masyarakat sekitar destinasi pariwisata," ujar Sahbirin kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Adapun destinasi pariwisata prioritas Kalsel yang digaungkan meliputi 6 kawasan wisata. Paling pertama dipaparkan adalah kawasan wisata religi Guru Sekumpul dan Datu Kalampayan di Kabupaten Banjar, serta wisata religi lainnya.

Adapula kawasan wisata alam dan budaya pasar terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar serta budaya sungai lainnya. Lalu kawasan wisata alam, buatan dan ekologi bawah Jembatan Barito, Pulau Bakut di Kabupaten Barito Kuala.

Kemudian kawasan wisata alam dan buatan kerbau rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kawasan wisata alam buatan budaya dan ekologi Geopark Meratus. Serta kawasan Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Sahbirin juga meminta dukungan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini sudah ada. Dukungan tersebut meliputi dukungan Kemenparekraf untuk destinasi pariwisata dan ekonomi prioritas di Kalimantan Selatan.

 Kemudian juga dukungan promosi untuk optimalisasi pariwisata dan Ekraf di Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional yang ke-29, yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-19 oktober 2022 mendatang.

"Kami juga mengharapkan kehadiran Bapak Menteri di event tour de Loksado 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-24 Juli, Festival Budaya Saijaan (FBS) di Kabupaten Kotabaru tahun 2022," paparnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Dukungan

Selain itu, Sahbirin berharap dukungan penuh terhadap penetapan kawasan makam Datu Kalampayan menjadi objek wisata religi nasional. Dukungan penetapan Geopark Meratus menjadi member global geopark network Unesco serta dukungan pengembangan kawasan Kiram Park sebagai objek wisata di Kalimantan Selatan.

Terkait dengan permohonan dukungan tersebut, Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno meminta kepada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Baparel, Rizki Handayani Mustafa, untuk memberikan perhatian khusus kepada Kalsel, terutama usulan kawasan religi yang ada di Kalsel.

“Saya minta Ibu Deputi memberikan perhatian khusus ke Kalsel, karena wisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kalsel sangatlah cantik dari segi ecotourism. Dulu saya pernah ikut mengikuti Haul Guru Sekumpul, semua orang di jalan berlomba-lomba untuk berbagi, saya belum pernah melihat yang seperti ini," sebut Sandiaga Salahudin Uno.

Tak hanya itu, Menteri Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya akan menyusun tanggal pertemuan untuk bertemu dengan Kepala Dinas Pariwisata yang ada di Kalsel untuk membicarakan secara terperinci terkait pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi di Kalsel.

3 dari 3 halaman

Usulan Geopark

Sedangkan terkait dengan dukungan penetapan geopark meratus menjadi member global geopark network Unesco, Tenaga Ahli Menteri Norhadi Sadli akan ikut mendukung dan mengawal usulan tersebut, mengingat Geopark Pegunungan Meratus yang berstatus geopark nasional memiliki 67 geosite tersebar di sejumlah wilayah Kalsel. Ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dapat meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata yang ada di derah.

“Terkait Geopark, destinasi yang luar biasa, statusnya nasional, dan memiliki 67 geosite, luar biasa, kami dari kementerian mendukung sekali terkait pengusulan tersebut, mari kita bersama-sama mengawal dan mendampingi," jelas Norhadi.

Turut hadir dalam acara tersebut, selain Bupati dan Walikota se-Kalsel,  Sahbirin juga didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syarifuddin.

Dari jajaran Kemenparekraf hadir Deputi Bidang Poduk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparel Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Nia Niscaya, Tenaga Ahli Menteri Norhadi Sadli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.