Sukses

Pemkot Bandung Mulai Uji Coba Fly Over Kopo, Begini Skema Arus Lalinnya

Uji coba dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai mengujicobakan fly over Kopo di Jalan Bypass Soekarno Hatta. Uji coba jembatan layang ini dilaksanakan terhitung sejak Kamis (19/5/2022) hingga satu pekan ke depan.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap fly over Kopo bisa dilengkapi dengan rambu-rambu dan fasilitas lainnya. Sehingga nantinya keselamatan pengguna jalan lebih terjamin.

"Seminggu uji coba, nanti kita tanya lagi rambu-rambu dan kelengkapannya," katanya di Bandung, Jumat (20/5/2022). 

Soal resmi digunakan, Yana akan menanyakan dengan pasti kapan bisa digunakannya infrastruktur tersebut. "Nanti kita tanya kapan resmi digunakan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, uji coba selama satu pekan itu telah mendapat persetujuan dari Polsek Bojongloa Kidul.

“Uji coba dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah barat ke timur,” ujarnya. 

Asep menuturkan, uji coba fly over Kopo hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tiap hari. Adapun uji coba dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban dengan jalan. Termasuk apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari fly over mengalami kendala. 

"Uji coba dalam rangka satu apakah friksi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua bilamana ada turunan ada kendala enggak. Belum diperoleh sebab masih berlangsung untuk satu pekan ke depan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.