Tips Liburan Ramah Kantong ke Pulau Dewata Bali

Oleh Dewi Divianta pada 21 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 06:00 WIB
FOTO: Menikmati Sepinya Pantai-Pantai di Bali
Perbesar
Wisatawan usai bermain selancar di kawasan Pantai Kuta, Bali, Jumat (3/9/2021). Sepinya wisatawan yang datang ke Pulau Bali selama PPKM Darurat yakni hanya sebesar rata-rata 500 wisatawan lokal menyebabkan sejumlah tempat wisata pantai sepi pengunjung. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Denpasar - Anda ingin berlibur ke Bali, tetapi terkendala dana terbatas. Jangan sedih, karena Anda bisa mengikuti tips di bawah ini jika ingin berlibur ke Pulau Seribu Pura dengan dana minimalis. Bagaimana caranya?

1. Siapkan Tiket Pulang Pergi

Tentukan berapa lama waktu liburan di Bali dan mulai mencari informasi terkait harga tiket transportasi ke sana. Anda bisa browsing harga melakui aplikasi yang menyediakan penjualan tiket pesawat atau travel menuju Bali, dan memilih harga terendah. Tentukan tanggal keberangkatan dan rencana kepulangan sekaligus. Dengan membeli tiket pulang dan pergi di awal, maka kalian sudah melakukan satu langkah aman untuk tujuan liburan. 

2. Cari Homestay 

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi rumah atau villa yang disewakan bulanan. Tak sedikit rumah dan villa milik warga Bali yang memang sengaja disediakan untuk wisawatan dan harganya jauh lebih murah dibandingkan kita harus menginap di hotel.

Di hotel kita harus membayar sewa menginap per malam, sementara jika kita menyewa homestay atau villa kita bisa membayar untuk satu bulan, maupun harian. Kita bisa leluasa menggunakan homestay atau villa sesuai rencana kita liburan murah di Bali.


Atur Jadwal Liburan Selama di Bali

Antrean Wisata Melukat Di Pura Tirta Empul
Perbesar
Wisatawan antri membersihkan diri (melukat) di Pura Tirta Empul, Desa Tampaksiring, Gianyar, Bali, jumat (6/5/20222). Dalam sehari, lebih dari 2.000 wisatawan berkunjung ke obyek wisata spiritual i yang menjadi salah satu primadona di Pulau Bali ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

3. Sewa Kendaraan

Sewa kendaraan sepeda motor ataupun mobil tergantung jumlah orang yang tengah berlibur berasama Anda. Karena, dengan menyewa kendaraan, Anda dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan tanpa perlu menyewa taksi atau transportasi online. Hal itu juga untuk memudahkan anda jika ingin mengunjungi daerah-daerah wisata yang jauh di luar kabupaten. 

4. Tentukan Trip Wisata

Sebelum memulai traveling di Bali, Anda harus menyiapkan rencana perjalanan. Misal, Anda menginap di wilayah Kuta, Kabupaten Badung, Anda harus menyiapkan rute tujuan liburan yang tidak muter-muter. Bisa dimulai dari tujuan yang terdekat di sekitar hotel, baru memulai trip lainnya pada lokasi yang jauh. Seperti diketahui mulai dari Kabupaten Badung hingga Kabupaten Singaraja lokasi wisatanya tak akan habis diselesaikan dalam beberapa hari. 


Beli Oleh-Oleh

Melihat Para Turis Berlibur di Pantai Kuta Bali
Perbesar
Dua turis wanita berpose saat difoto di pantai Kuta di pulau pariwisata Indonesia di Bali (4/1). Daerah ini merupakan tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. (AFP Photo/Sony Tunbelaka)

5. Menu Makanan Selama Liburan

Untuk memilih makanan murah dan bergizi selama liburan di Bali, ada banyak restoran khas yang ramah kantong dan mampu memuaskan jiwa berwisata kuliner Anda. Mulai dari Ayam Betutu Gilimanuk, Nasi Campur Bali, Bebek Bengil, rsetoran Mang Engking, dan jika Anda ingin menikmati kuliner khas Bali yang sangat murah dan lezat, Anda bisa mencoba nasi jinggo. Restoran tersebut di atas tersebar di beberapa wilayah mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Denpasar dan beberapa daerah lainnya. Jika ingin menikmati nasi jinggo, Anda cukup mencarinya di sepanjang jalan, banyak pedagang yang menjual kuliner nasi jinggo dengan harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000.

6. Oleh-Oleh

Jangan lupa jika datang ke Bali, wajib membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, teman kantor, atau tetangga. Anda bisa memilih oleh-oleh seperti pia dan barang-barang khas Bali lainnya di pusat oleh-oleh yang tersebar di beberapa tempat yang tidak jauh dari bandara Bali. Aneka macam pia dan oleh-oleh dengan banyak variasi harga bisa membuat Anda bebas menentukan mana yang Anda suka. 

Nah, enam poin di atas bisa menjadi pertimbangan jika Anda akan berlibur ke Bali dengan dana minimalis. Tertarik mencoba tips di atas? Jangan lupa meski pemerintah telah memberikan kelonggaran bepergian selama masa pandemi Covid-19 ini, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya