Warga Sorong Papua Temukan Bom Perang Dunia Saat Keruk Pembuangan Air

Oleh Liputan6.com pada 19 Mei 2022, 08:04 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 08:04 WIB
Bom Perang Dunia
Perbesar
Subden 2 Den Gegana Sat Brimob Polda Papua mengamankan bom bekas perang dunia kedua yang ditemukan warga di Jalan Menur Kampung Worot, Kelurahan Kofkerbu, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu malam (18/5/2022). (Liputan6.com/ Humas Polres Sorong Kota)

Liputan6.com, Sorong - Penemuan bom bekas perang dunia kedua yang belum meledak membuat geger warga di Jalan Menur Kampung Worot, Kelurahan Kofkerbu, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu malam (18/5/2022), sekitar pukul 20.15 WIT. 

Bom bekas perang dunia kedua tersebut awalnya ditemukan seorang warga atas nama Yuliana Wanma, saat melakukan pengerukan pembuangan air di samping rumahnya. Atas temuan itu dirinya langsung melapor kepada Polres Sorong Kota.

Kabag Ops Polres Sorong Kota Kompol M Nur Makmur, Kamis (19/5/2022) mengatakan, setelah menerima laporan warga, pihaknya langsung memerintahkan personel untuk turun ke TKP dan memasang garis polisi terhadap bom bekas perang dunia kedua itu.

Nur Makmur mengatakan, awalnya warga setempat tidak mengetahui benda tersebut karena penasaran dengan temuan benda tersebut warga kemudian mencari informasi di YouTube dan kaget ternyata benda itu adalah bom bekas perang dunia kedua.

"Kemudian warga langsung melaporkan temuan itu kepada pihak kepolisian Polres Sorong Kota dengan menelepon ke sentral layanan 110 untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Usai penemuan tersebut, pihak kepolisian langsung berkoordinasi dengan Subden 2 Den Gegana Sat Brimob Polda Papua untuk mengevakuasi bom peninggalan perang dunia kedua tersebut dari kawasan pemukiman warga.

Tim Penjinak Bom Subden 2 Den Gegana Satuan Brimob Polda Papua Barat yang di pimpin Ipda Jamaluddin langsung mendatangi TKP menggunakan Mobil Nissan Navara dengan peralatan standar evakuasi bom untuk melakukan evakuasi.

Hasil identifikasi Tim Gegana jenis benda tersebut adalah UXO Bom militer Panjang 27 cm, diameter depan 4,9 mm, diameter badan 7,5 mm, diameter belakang 6,9 mm. Bon tersebut sudah diamankan ke tempat yang aman.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya