Ikuti Arahan Presiden, Ridwan Kamil Izinkan Warga Lepas Masker

Oleh Huyogo Simbolon pada 19 Mei 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 04:00 WIB
FOTO: Pemerintah Umumkan Pelonggaran Pemakaian Masker di Luar Ruangan
Perbesar
Sejumlah warga menyeberang jalan di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, masyarakat diperbolehkan tidak menggunakan masker jika sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut positif kebijakan pemerintah dalam melonggarkan penggunaan masker di ruang publik. Salah satunya, warga diperbolehkan tak memakai masker di luar ruangan.

Respons pria yang akrab disapa Emil itu terlihat dari unggahannya di akun Instagram @ridwankamil. Eks Wali Kota Bandung itu menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo tentang pelonggaran penggunaan masker saat berkegiatan di luar ruangan.

"Proklamasi lepas masker. Akhirnya dikumandangkan, khusus untuk kegiatan outdoor," tulis Emil.

Emil pun menuliskan ungkapan syukurnya atas pelonggaran penggunaan masker. Namun, dia juga mengingatkan ada situasi tertentu yang mewajibkan masyarakat harus tetap menggunakan masker meski sudah ada pelonggaran.

"Alhamdulillah Ya Allah. Kebijakan ini berlaku, kecuali kegiatan indoor, di transportasi umum, dan mereka yang sakit dan jika berada situasi yang diperkirakan rawan kesehatan, tetaplah memakai masker," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat terkait penggunaan masker saat ini. Baginya, masker tetap menjadi pelindung diri dari paparan Covid-19.

"Saat ini, presiden mengatakan soal kegiatan outdoor bisa membuka masker. Kita serahkan lagi kepada keyakinan masyarakat," kata dia.

Bagi Yana, mereka yang pernah mengalami Covid-19, tetap memerlukan masker sebagai pelindung diri. "Bagi orang yang pertama mengalami Covid-19, saya tetap menggunakan masker sebagai alat kesehatan saya," ujarnya. 

"Tapi sekali lagi cukup yakin virus covid itu pastinya bermutasi, penyebarannya droplet. Mudah-mudahan penggunaan masker bisa menghindari Covid-19," Yana menandaskan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya