Warga Kalteng Tumpah Ruah Menyaksikan Festival Budaya Isen Mulang

Oleh Marifka Wahyu Hidayat pada 18 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 17:00 WIB
Isen Mulang
Perbesar
Festival Budaya Isen Mulang. (Foto: Liputan6.com/ Marifka Wahyu Hidayat)

Liputan6.com, Palangka Raya - Ribuan orang memadati Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada Selasa (17/5/2022). Kedatangan mereka bertujuan untuk menyaksikan karnaval budaya yang menjadi pembukaan Festival Budaya Isen Mulang.

Tak terkecuali bagi Rudiyah, warga asal Kabupaten Gunung Mas, Kalteng yang rela datang bersama anak-anaknya. Ia mengaku senang karena pemerintah tahun ini kembali mengadakan Festival Isen Mulang sebagai peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Kalteng setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

"Perjalanan saya ke sini bisa empat jam. Alhamdulillah, saya senang sekali rasanya Festival Budaya Isen Mulang kembali digelar, karena tahun lalu sempat terhenti akibat pandemi," ujarnya.

Menurutnya, selain sebagai hiburan, karnaval semacam ini juga mampu menjadi momen untuk mengajarkan anak-anak tentang budaya nenek moyang sejak dini, terutama kesenian suku asli Dayak yang mendiami Kalimantan.

"Karnaval ini juga menjadi momen untuk memperkenalkan budaya asli khas Kalteng kepada anak-anak sejak dini," dia menambahkan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dengan titik mulai di Bundaran Besar Palangka Raya dan berakhir di halaman kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).

Dalam sambutannya, ia berharap dengan terselenggaranya festival semacam ini, mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kalteng, selaras dengan tujuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), yaitu memberikan stimulus sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdampak terjaganya jumlah lapangan kerja dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan hiburan di berbagai daerah di Indonesia secara umum dan Kalimantan Tengah secara khusus.

"Dengan dilaksanakannya acara, diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk lebih giat membangun dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Tengah. Pada akhirnya selaras dengan program dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang telah menetapkan branding destinasi pariwisata nasional," ujar Sugianto Sabran.

Seperti diketahui, festival tahunan Isen Mulang sudah masuk dalam agenda nasional dan dilangsungkan bersamaan dengan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang jatuh tiap 17 Mei. Dalam festival ini akan dipamerkan mengenai kebudayaan suku Dayak, seperti makanan khas, kesenian, baju adat, tarian adat, musik adat, dan lain sebagainya.

Pada 2022 ini, total peserta yang ikut karnaval mencapai 1.500 peserta yang terdiri dari perwakilan kabupaten/kota, instansi, lembaga dan badan negara yang berkedudukan di Kalteng, organisasi masyarakat, paguyuban, komunitas, mahasiswa, dan pelajar.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya