Air Asia Buka Rute Penerbangan dari Perth dan Singapura ke Bali

Oleh Dewi Divianta pada 18 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 16:00 WIB
Penerbangan Perdana AirAsia ke Perth dan Singapura
Perbesar
Penerbangan Perdana AirAsia ke Perth dan Singapura (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Denpasar - Pemulihan pariwisata Bali perlahan tapi pasti makin terlihat membaik, terbukti dengan banyaknya maskapai penerbangan yang membuka rute penerbangan ke luar negeri. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak membuka penerbangan internasional telah melayani sebanyak 17 rute penerbangan, dan kini kembali menambah rute Perth dan Singapura dengan melengkapi rute penerbangan reguler yang telah ada sebelumnya.

Kini, maskapai AirAsia Indonesia membuka rute Denpasar-Singapura–Denpasar akan terbang reguler setiap hari dan Denpasar-Perth–Denpasar terbang 4 kali dalam seminggu atau pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Penerbangan perdana AirAsia Indonesia rute Singapura dan Perth resmi mulai beroperasi pada 15 Mei 2022 menggunakan pesawat tipe Airbus 320, untuk rute Singapura–Denpasar tiba pukul 15.05 Wita mengangkut 160 penumpang sedangkan rute Perth–Denpasar mendarat mulus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 23.50 Wita dengan jumlah penumpang yang diangkut 142 penumpang.

Herry A Y Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai membenarkan maskapai AirAsia membuka rute tambahan tersebut. 

 


17 Penerbangan Internasional

Penumpang Penerbangan Perdana Air Asia ke Perth dan Singapura
Perbesar
Penumpang Penerbangan Perdana Air Asia ke Perth dan Singapura (Dewi Divianta/Liputan6.com)

"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tanggal 15 Mei 2022 menerima tambahan rute sebagai pelengkap rute yang sudah ada sebelumnya yaitu dari dan ke Singapura dan Perth, kedua rute ini dilayani menggunakan maskapai AirAsia Indonesia," kata dia, Selasa (17/5/2022).

Herry mengatakan pihaknya sangat antusias menyambut kedatangan penerbangan perdana tersebut dengan mempersiapkan banyak hal, seperti penyemprotan maskapai saat tiba hingga penyambutan untuk para penumpang.

"Kami menyambut dengan antusias penerbangan ini dengan melakukan seremonial water salute, sebagai salah satu sambutan istimewa yang rutin kami lakukan setiap maskapai membuka rute penerbangan perdana mendarat di sini," ujar dia.

Sementara itu, dirinya menyebut dengan adanya penerbangan rute internasional itu, jumlah penerbangan internasional semakin bertambah juga.

"Dari data statistik penerbangan yang saat ini beroperasi sudah 17 rute penerbangan dengan dilayani sebanyak 17 maskapai, adapun jumlah rata-rata pada bulan Mei 2022 ini penumpang internasional sudah mencapai 6000 per harinya baik datang maupun berangkat," ucap Herry.

Meskipun sudah banyak rute intenasional dibuka di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry menyebut pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam penerapan protokol kesehatan seiring terus bertambahnya jumlah penumpang yang dilayani, didukung dengan pelonggaran persyaratan penerbangan sesuai regulasi pemerintah," ujar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya