Harga TBS Sawit Anjlok Berturut-turut, Ini Daftar Pembelian per Pabrik

Oleh Liputan6.com pada 16 Mei 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 05:00 WIB
BUMDes Payang Sejahtera
Perbesar
BUMDes Payang Sejahtera memenangkan tender pengangkutan tandan buah sawit di sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit. Usaha ini mampu melibatkan banyak masyarakat.

Liputan6.com, Mukomuko - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun sejak dua hari berturut-turut dibandingkan sebelumnya.

“Hari ini harga sawit kembali turun rata-rata sebesar Rp150 per kilogram. Sehari sebelumnya harga sawit juga turun Rp100 – Rp400 per kg,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu, dikutip Antara.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data pembelian TBS sawit selama dua hari sejak tanggal 13 hingga 14 Mei 2022 dari 10 pabrik minyak kelapa sawit.

Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di daerah ini turun selama dua hari berturut-turut diduga karena terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ke pemasok (supplier).

Ia mengatakan, setelah ini tidak tertutup kemungkinan harga TBS yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah kembali mengalami penurunan karena pabrik terbatas menjual CPO kepada supplier.

Selain itu, tangki penyimpanan minyak CPO yang ada di setiap pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini juga terbatas sehingga tidak mampu menampung minyak CPO dalam jumlah yang banyak.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Harga Pembelian TBS Sawit di Sejumlah Pabrik

Muat Sawit
Perbesar
Aktivitas bongkar muat tandan buah sawit di perusahaan di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi. (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Kendati demikian, belum ada pabrik di daerah ini yang berhenti beroperasi dan membeli TBS kelapa sawit milik petani daerah ini.

Ia menyebutkan, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi turun dari sebesar Rp1.550 per kilogram menjadi Rp1.400 per kg, harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp1.780 per kg.

Kemudian harga sawit di PT Daria Dharma Pratama turun dari sebesar Rp1.980 per kg menjadi Rp1.740 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari sebesar Rp1.750 menjadi Rp1.600 per kg, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya turun dari sebesar Rp1.800 per kg menjadi Rp1.1730 per kg.

Lalu harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas turun dari sebesar Rp1.990 per kg menjadi Rp1.840 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari turun dari sebesar Rp1.990 per kg menjadi Rp1.840 per kg, harga sawit di PT Sentosa Sejahtera Sejati turun dari sebesar Rp1.970 per kg menjadi Rp1.820 per kg.

Harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo turun dari sebesar Rp2.020 per kg menjadi Rp1.820 per kg, dan harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit turun dari sebesar Rp2.040 per kg menjadi Rp1.890 per kg

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya