Sukses

Harga TBS Sawit Anjlok Berturut-turut, Ini Daftar Pembelian per Pabrik

Kemungkinan harga TBS yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah kembali mengalami penurunan karena pabrik terbatas menjual CPO kepada supplier

Liputan6.com, Mukomuko - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun sejak dua hari berturut-turut dibandingkan sebelumnya.

“Hari ini harga sawit kembali turun rata-rata sebesar Rp150 per kilogram. Sehari sebelumnya harga sawit juga turun Rp100 – Rp400 per kg,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu, dikutip Antara.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data pembelian TBS sawit selama dua hari sejak tanggal 13 hingga 14 Mei 2022 dari 10 pabrik minyak kelapa sawit.

Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di daerah ini turun selama dua hari berturut-turut diduga karena terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ke pemasok (supplier).

Ia mengatakan, setelah ini tidak tertutup kemungkinan harga TBS yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah kembali mengalami penurunan karena pabrik terbatas menjual CPO kepada supplier.

Selain itu, tangki penyimpanan minyak CPO yang ada di setiap pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini juga terbatas sehingga tidak mampu menampung minyak CPO dalam jumlah yang banyak.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Pembelian TBS Sawit di Sejumlah Pabrik

Kendati demikian, belum ada pabrik di daerah ini yang berhenti beroperasi dan membeli TBS kelapa sawit milik petani daerah ini.

Ia menyebutkan, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi turun dari sebesar Rp1.550 per kilogram menjadi Rp1.400 per kg, harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp1.780 per kg.

Kemudian harga sawit di PT Daria Dharma Pratama turun dari sebesar Rp1.980 per kg menjadi Rp1.740 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari sebesar Rp1.750 menjadi Rp1.600 per kg, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya turun dari sebesar Rp1.800 per kg menjadi Rp1.1730 per kg.

Lalu harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas turun dari sebesar Rp1.990 per kg menjadi Rp1.840 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari turun dari sebesar Rp1.990 per kg menjadi Rp1.840 per kg, harga sawit di PT Sentosa Sejahtera Sejati turun dari sebesar Rp1.970 per kg menjadi Rp1.820 per kg.

Harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo turun dari sebesar Rp2.020 per kg menjadi Rp1.820 per kg, dan harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit turun dari sebesar Rp2.040 per kg menjadi Rp1.890 per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.