Sukses

Transisi Menuju Endemi, Binda Banten Tebar 2.500 Dosis Vaksin di Tangsel dan Serang

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Banten Brigjen Pol Hilman mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk menekan rasio penyebaran Covid-19 di masyarakat pasca-libur panjang Lebaran.

Liputan6.com, Serang - Badan Intelijen Negara (BIN) memanfaatkan libur panjang akhir pekan untuk menggencarkan vaksinasi Covd-19 di Provinsi Banten. Mitigasi Covid-19 ini digelar secara serentak di dua kota yakni Tanggerang Selatan dan Serang dengan sasaran sebanyak 2.500 dosis.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Banten Brigjen Pol Hilman mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk menekan rasio penyebaran Covid-19 di masyarakat pasca-libur panjang Lebaran. Dengan begitu, kondisi pandemi diharapkan dapat terus membaik dan pada saatnya nanti akan beralih ke endemi.

"BIN berkomitmen menuntaskan agenda nasional yaitu vaksinasi guna mengendalikan laju penyebaran Covid-19. Lewat vaksin, kita bisa terus mengendalikan pandemi, sehingga pada saatnya bisa berakhir, atau setidaknya bertransisi menjadi endemi," ujar Hilman dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Hilman memaparkan, data Kemenkes pada Minggu (15/5/2022) menunjukan, vaksinasi nasional dosis Covid-19 pertama mencapai 95,84 persen. Sementara, vaksinasi dosis kedua yakni sebanyak 79,83 persen dan booster mencapai 20,49 persen.

Dengan cakupan vaksinasi yang tinggi pada dosis primer tersebut, dia menegaskan akan terus mengebut program percepatan vaksinasi booster di  Banten. Sebab, hal ini sangat penting guna meningkatkan dan memperpanjang masa aktif kekebalan komunal di masyarakat.

"Pemerintah telah menetapkan sasaran vaksinasi baik dosis satu hingga booster untuk mencapai herd immunity yaitu 208.265.720 orang. Sasaran vaksinasi itu terdiri atas tenaga kesehatan, manusia lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan, dan masyarakat umum termasuk remaja dan anak-anak. Target ini harus kita capai bersama-sama," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengapresiasi langkah BIN dalam program vaksinasi. Sebab, jajarannya merasa terbantu dalam mensukseskan capaian target vaksinasi di provinsi Banten.

"Kerjasama BIN dengan Puskesmas menunjukkan sinergi yang saling menguatkan bagi semua jajaran dan membantu percepatan vaksinasi. Personil BIN turun langsung ke lapangan dengan mengajak dan meyakinkan masyarakat untuk mau divaksin" tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.