Sukses

Suasana Haru Saat 450 Personel Yonif Raider 600 Modang Diberangkatkan ke Papua

Sebanyak 450 personel dari Yonif Raider 600/Modang diberangkatkan ke Papua dalam misi Satgas Satuan Organik

Liputan6.com, Balikpapan - Sebanyak 450 personel dari Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman resmi diberangkatkan dalam misi satuan tugas (satgas) Satuan Organik Papua.

Upacara pelepasan ratusan prajurit ini dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang digelar di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Sabtu (14/5/2022).

Nantinya di Papua, Yonif Raider 600/Modang akan melaksanakan operasi teritorial melalui pendekatan Binter untuk membantu Kodim dan Koramil setempat dalam rangka menciptakan ketenteraman dan rasa aman pada masyarakat khususnya bagi masyarakat Papua.

“Ratusan prajurit Yonif 600/Modang ini akan melaksanakan tugas di Papua selama 9 bulan,” terang Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, usai pelaksanaan pelepasan ratusan prajurit.

Dalam upacara pelepasan, Pangdam VI/Mulawarman menyampaikan kepada para prajurit agar dapat menyikapi secara Arif dan bijaksana dalam menjalankan tugas negara ini.

“Kepada seluruh prajurit Yonif Raider 600/Modang saya ucapkan selamat bertugas. Tugas ini adalah tugas negara yang menuntut totalitas dalam pelaksanaannya guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua. Saya berharap seluruh prajurit bisa menyikapi dengan baik dan bijaksana,” ungkap Teguh.

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prajurit Dituntut Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan

Dia juga menyampaikan, kepada seluruh personel agar dapat benar-benar menguasai kemampuan teknis dan taktis dalam menghadapi persoalan di daerah penugasan Papua.

“Melihat perkembangan situasi di wilayah yang memiliki kompleksitas dan dinamika yang cukup tinggi tersebut, maka prajurit dituntut kesiapsiagaan dan kewaspadaan yang tinggi pula dari seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 600/Modang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pelepasan ratusan prajurit ini turut hadir Irdam VI/Mulawarman, Kapoksahli Pangdam VI/Mulawarman, Para Asisten dan Kabalakdam VI/Mulawarman, Ketua Persit KCK Daerah VI/Mulawarman beserta Pengurus dan Ibu-ibu Persit Yonif Raider 600/Modang beserta kerabat dari para Prajurit yang akan berangkat penugasan.

Suasana haru pun menyelimuti keberangkatan ratusan personel tersebut. Mereka harus berpisah sementara waktu dengan keluarga mereka, demi menyelesaikan misi tugas negara.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.