Suasana Haru Saat 450 Personel Yonif Raider 600 Modang Diberangkatkan ke Papua

Oleh Apriyanto pada 15 Mei 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 09:00 WIB
Pelepasan Personel ke Papua
Perbesar
Upacara pelepasan ratusan personel dari Yonif Raider 600/Modang untuk melakukan misi khusus ke Papua. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Sebanyak 450 personel dari Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman resmi diberangkatkan dalam misi satuan tugas (satgas) Satuan Organik Papua.

Upacara pelepasan ratusan prajurit ini dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang digelar di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Sabtu (14/5/2022).

Nantinya di Papua, Yonif Raider 600/Modang akan melaksanakan operasi teritorial melalui pendekatan Binter untuk membantu Kodim dan Koramil setempat dalam rangka menciptakan ketenteraman dan rasa aman pada masyarakat khususnya bagi masyarakat Papua.

“Ratusan prajurit Yonif 600/Modang ini akan melaksanakan tugas di Papua selama 9 bulan,” terang Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, usai pelaksanaan pelepasan ratusan prajurit.

Dalam upacara pelepasan, Pangdam VI/Mulawarman menyampaikan kepada para prajurit agar dapat menyikapi secara Arif dan bijaksana dalam menjalankan tugas negara ini.

“Kepada seluruh prajurit Yonif Raider 600/Modang saya ucapkan selamat bertugas. Tugas ini adalah tugas negara yang menuntut totalitas dalam pelaksanaannya guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua. Saya berharap seluruh prajurit bisa menyikapi dengan baik dan bijaksana,” ungkap Teguh.

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Prajurit Dituntut Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan

Pelepasan Penugasan ke Papua
Perbesar
Demi menjalankan tugas negara, ratusan personel Yonif Raider 600/Modang ini rela berpisah sementara waktu dengan para keluarganya. (Liputan6.com/Istimewa)

Dia juga menyampaikan, kepada seluruh personel agar dapat benar-benar menguasai kemampuan teknis dan taktis dalam menghadapi persoalan di daerah penugasan Papua.

“Melihat perkembangan situasi di wilayah yang memiliki kompleksitas dan dinamika yang cukup tinggi tersebut, maka prajurit dituntut kesiapsiagaan dan kewaspadaan yang tinggi pula dari seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 600/Modang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pelepasan ratusan prajurit ini turut hadir Irdam VI/Mulawarman, Kapoksahli Pangdam VI/Mulawarman, Para Asisten dan Kabalakdam VI/Mulawarman, Ketua Persit KCK Daerah VI/Mulawarman beserta Pengurus dan Ibu-ibu Persit Yonif Raider 600/Modang beserta kerabat dari para Prajurit yang akan berangkat penugasan.

Suasana haru pun menyelimuti keberangkatan ratusan personel tersebut. Mereka harus berpisah sementara waktu dengan keluarga mereka, demi menyelesaikan misi tugas negara.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya