Kabar Gembira, 3.777 Calon Jemaah Haji Asal Sumut Dijadwalkan Berangkat ke Tanah Suci

Oleh Reza Efendi pada 12 Mei 2022, 11:13 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 11:14 WIB
Dilihat dari Hukumnya
Perbesar
Ilustrasi Ibadah Haji Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Medan Sebanyak 3.777 calon jemaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, pada tahun 2022.

Kabar baik tersebut muncul setelah para calon jemaah haji menunggu beberapa tahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

"Tahun ini, Sumut kuotanya 3.777 jemaah yang berangkat ke Tanah Suci," kata Koordinator Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Sumut) Syahrial, Rabu, 11 Mei 2022.

Para calon jemaah haji yang diberangkatkan diambil dengan kriteria tertentu. Pertama, diambil dari daftar jemaah di tahun 2020 yang gagal berangkat akibat pandemi Covid-19.

"Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Menteri Agama, calon jemaah haji yang sudah melunasi pada tahun 2020," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:


Calon Jemaah Berusia di Bawah 65 Tahun

Dilihat dari Kewajibannya
Perbesar
Ilustrasi Pelaksanaan Ibadah Haji Credit: pexels.com/pixabay

Diterangkan Syahrial, kriteria yang kedua adalah, calon jemaah haji yang berusia di bawah 65 tahun sebagaimana peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Selanjutnya, kriteria ketiga, calon jemaah yang belum pernah haji atau yang sudah pernah haji paling lama 10 tahun dari hajinya terakhir.

"Ini berita gembira bagi kita, walaupun dengan kuota terbatas, belum normal," ujarnya.


Kebijakan Pemerintah Arab Saudi

Riwayat Hajar Aswad
Perbesar
Ilustrasi Ibadah Haji Credit: shutterstock.com

Diungkapkan Syahrial, pembatasan jemaah haji merupakan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Jika kondisi Covid-19 membaik, diharapkan kuota jemaah berangkat haji bisa bertambah.

"Arab Saudi juga ingin memprotek negaranya. Sabar menunggu dan berdoa, semoga normal kembali," ungkapnya.


Kloter Pertama Berangkat 6 Juni 2022

Terletak pada Tempat yang Paling Mulia di dalam Baitullah
Perbesar
Ilustrasi Ibadah Haji Credit: shutterstock.com

Disebutkan Syahiral, untuk kelompok terbang (kloter) pertama haji direncanakan berangkat 6 Juni 2022. Para calon jemaah haji berangkat dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, langsung ke Mekkah.

"Setiap kloter 393 jemaah yang berangkat. Kloter pertama mulai masuk Asrama Haji tanggal 5, dan tanggal 6 Juni berangkat," Syahrial menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya