Sukses

Ganjar Resmikan Jepara Islamic Center, Harap Jadi Pusat Penyebaran Agama dan Kerukunan

Rencananya, Gedung JIC juga akan digunakan sebagai Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Baznas Kabupaten Jepara.

Liputan6.com, Jepara - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Gedung Jepara Islamic Center (JIC) di Kecamatan Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah. Ganjar menyampaikan, JIC bisa menjadi program awal Kabupaten Jepara menuju Kabupaten Kerukunan.

Ganjar mengatakan secara fisik gedung ini belum selesai dibangun dan baru berjalan 80 persen. Nantinya ketika selesai, Ganjar berharap JIC bisa dijadikan pusat kegiatan keagamaan di Kota Ukir dan Bumi Kartini ini.

"Sehingga kalau kita menyebarkan agama dengan nilai kebaikan, nah ini bisa dijadikan pusatnya. Yang nggak tau bisa bertanya, bisa ngaji di sini, bisa diskusi, rencananya bisa jualan juga," kata Ganjar, Kamis (12/5/2022).

Rencananya, Gedung JIC juga akan digunakan sebagai Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Baznas Kabupaten Jepara.

Ganjar menuturkan, kemitraan dengan berbagai lembaga berwenang harus dilakukan untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan kemasyarakatan. Sehingga bisa mendorong perekonomian.

"Mudah-mudahan ini akan jadi gedung untuk kantor MUI Jepara dengan penuh manfaat. Di samping itu, kenapa mesti bermitra dengan lembaga lain, maka saya dorong Baznas karena ada nilai-nilai yang bermanfaat untuk rakyat, terutama ekonomi" ujar Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar juga mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan bersama seperti belajar agama, mengelola zakat hingga pengajian. Ganjar menyebut, MUI dan Baznas siap membantu masyarakat untuk itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zona Netral

Kemudian, lanjut Ganjar, akan tercipta zona netral bagi masyarakat untuk melakukan musyawarah.

"Sehingga penyebaran agamanya bisa jalan, terus melatih ekonomi, dan bukan tidak mungkin kan menjadi zona netral untuk warga ngobrol mencari solusi," tutur Ganjar.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Jepara Dian Krtistiandi dan Ketua MUI Jepara KH Mashudi. Bupati Dian juga memberikan bantuan uang tunai untuk renovasi dan kegiatan keagamaan beberapa masjid di Jepara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.