Sukses

Perjuangan 500 Prajurit TNI Demi Sandang Brevet Raider di Pusdiklatpassus Cilacap

Komandan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus Brigjen TNI Agus Sasmita menutup Latihan Pembentukan Prajurit Raider Gelombang I Tahun Anggaran 2022 di Lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni, Daun Lumbung, Pusdiklatpassus Cilacap

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 500 prajurit TNI resmi menyandang brevet raider. Latihan keras selama dua bulan lebih telah membentuk mereka menjadi prajurit dengan kualifikasi raider.

Secara resmi, Komandan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus Brigjen TNI Agus Sasmita menutup Latihan Pembentukan Prajurit Raider Gelombang I Tahun Anggaran 2022 di Lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni, Daun Lumbung, Pusdiklatpassus Cilacap, Selasa (10/5/2022.

Secara simbolis Agus menyematkan brevet raider kepada sejumlah prajurit dan diikuti oleh sejumlah pejabat yang hadir dalam acara tersebut.

Tanda petir pada kualifikasi raider melambangkan prajurit yang mampu bergerak dan bertindak cepat, senyap dan tepat di segala bentuk medan dan cuaca, dengan menggunakan unsur pendadakan untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran.

“Berbekal pengetahuan dan keterampilan khusus yang telah didapatkan tersebut, kalian dinilai dan dipercaya telah memiliki kemampuan lebih dari prajurit infanteri biasa,”ucapnya, dalam keterangan tertulis.

Para prajurit raider tersebut mampu diterjunkan pada operasi-operasi khusus seperti raid penghancuran, raid pembebasan tawanan, operasi mobud, operasi lawan gerilya dam pertempuran jarak dekat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan Berat Selama 63 Hari

Agus juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para peserta yang telah mengikuti latihan selama 63 hari. Ia berharap agar semua ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkan bisa dikembangkan serta diimplementasikan di satuan guna menjawab panggilan tugas negara dengan dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Dalam acara tersebut, hadir Waaslat Kasad Bidang Latihan Brigjen TNI G. Suharso, Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji, Kasrem Wijayakusuma Letkol Inf. Candra, Dandim Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, Pasintel Lanal Cilacap Mayor Laut (T) Harry S. Wahyu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Purwati, Kalan Kopassus Kapten Inf. Lukman.

Kemudian, Dansub Denpom IV/1-1 Cilacap Kapten Cpm. Ujang Rohmat, Kapolsek Nusakambangan Iptu Asrul, Kepala Basarnas I Nyoman Sidakarya, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Cilacap Irfan Zainuddin, Perwakilan PT. SBI Cilacap Deni Hestiani, para Kabag dan Kasatsis Raider, Para Kasi Diklat Raider dan para tamu undangan lainnya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.