Sukses

Sambal Belut Yogyakarta, 3 Tempat Ini Bisa Jadi Referensi

Berikut rekomendasi kuliner sambel belut pedas di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wisata kuliner Yogyakarta seakan tak pernah ada habisnya. Mulai dari aneka kuliner kekinian hingga kuliner khas pedesaan dapat dengan mudah dijumpai wisatawan.

Salah satu kuliner yang cukup ramai diburu wisatawan adalah sambal belut khas Godean, Yogyakarta. Sambal belut merupakan kuliner yang berbahan dasar utama belut yang sudah digoreng garing.

Kemudian belut goreng tersebut diolah bersama cabai dan aneka bahan sambal lainnya. Olahan sambal dari belut ini menjadi sajian kuliner yang ramai diserbu wisatawan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner sambal belut pedas di Yogyakarta.

1. Sambal Belut Pak Sabar

Warung sambal belut Pak Sabar terletak di Jalan Imogiri Barat Km 6. Warung makan yang satu ini sudah mulai menjual sambal belut sejak tahun 1998 hingga saat ini.

Sambel belut Pak Sabar dikenal dengan rasa pedasnya. Pengunjung dapat menambah cabai atau menambah aneka sambal lain yang tersedia.

Hingga kini, Pak Sabar masih mengulek sendiri sambel belut untuk para pelanggannya. Para pengunjung bahkan dipersilakan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan sambal belut di warung makan ini.

Sambal belut ala Pak Sabar dibanderol mulai dari Rp20.000 per porsinya. Warung sambal belut Pak Sabar buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambal Belut Mbak Surani

2. Sambal Belut Mbak Surani

Warung makan sambal belut Mbak Surani bertempat di Pasar Godean, Jalan Godean Km 9, Jetis, Sidoagung, Godean. Warung sambal belut Mbak Surani ini menjadi salah satu sambal belut legendaris di Yogyakarta, sebab sudah buka sejak 1945.

Warung sambal belut ini menyuguhkan sajian belut lezat bercita rasa istimewa. Satu porsi sambal belut disini disajikan bersama sambal krecek dan daun pepaya.

Bukan hanya sambal belut, di sini juga menyajikan berbagai kuliner khas Yogyakarta, mulai dari gudeg, lele, hingga mangut belut. Satu porsi sambal belut ala Mbak Surani dibanderol dengan harga Rp15.000 per porsi. Sambal belut Mbak Surani buka setiap hari, pukul 21.00 hingga 23.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Sambal Belut Pak Wardi

3. Sambal Belut Pak Wardi

Sambal belut Pak Wardi berada di Jalan Megersari RT 1/RW 1, Kledokan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Warung makan sambal belut ini menyajikan sambal belut yang terkenal dengan kepedasannya.

Belut yang disajikan di sini memiliki ukuran yang kecil dan digoreng kering, sehingga sambal belut ala Pak Wardi ini dapat disantap sampai ketulang-tulang. Cita rasa gurih dari belut, ditambah pedasnya sambal korek menjadi perpaduan cita rasa gurih pedas yang menggoyang lidah.

Tak heran apabila warung sambal belut ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan dalam satu hari, sambal belut Pak Wardi ini menghabiskan 70 kilogram belut.

Harga sambal belut disini cukup terjangkau, yakni mulai Rp 18.000 saja. Sambal belut Pak Wardi buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.