Sukses

Dianggap Layak, Syarikat Islam Cirebon Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

Syarikat Islam Cirebon akan menargetkan 4.000 suara untuk membantu pemenangan Ridwan Kamil menjadi Presiden dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah program yang diusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat apresiasi besar dari perkumpulan Syarikat Islam (SI) cabang Cirebon.

Bahkan, Syarikat Islam Cirebon memberanikan diri untuk mendukung Ridwan Kamil maju pada Pilpres 2024 mendatang. SI Cirebon berharap Ridwan Kamil berpasangan dengan Anies Baswedan.

"Politik itu dinamis, ya. Hanya saja, kami melihat jika Ridwan Kamil dipasangkan dengan Anies Baswedan, Insya Allah akan menang dan Indonesia semakin maju," kata Ketua Syarikat Islam Cirebon, Musara dalam acara silaturahmi SI Cirebon Raya, Senin (9/5/2022).  

Menurutnya, dari hasil kajian dan analisis tim 9 SI Cirebon, dukungan capres dan cawapres mengerucut ke Ridwan Kamil dan Anies Baswedan.

Dia menjelaskan secara lembaga, SI Cirebon memang belum menyatakan sikap politik terkait Pilpres 2024. Namun, dalam internal SI Cirebon ada Tim 9, yang merupakan bagian dari relawan Ridwan Kamil Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ).

"Saya pribadi menjagokan RK. Termasuk Tim 9 yang bergabung dengan GNIJ, siap memenangkan Ridwan Kamil sebagai presiden Indonesia mendatang," ucapnya.

Musara menyebut keberpihakan kepada ekonomi umat lewat Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra), juga program satu desa satu penghafal Al-Qur'an (Sadesha) menjadi salah satu program yang menonjol dan dianggap sukses.

"Perhatian Ridwan Kamil pada bidang keagamaan sangat besar. Insya Allah jika beliau jadi presiden, pemberdayaan ekonomi umat dan kalangan pesantren bisa lebih baik," tuturnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Suara

Dalam dukungannya kepada Ridwan Kamil, Syarikat Islam Cirebon akan menargetkan 4.000 suara untuk membantu pemenangan. Suara tersebut khususnya dari kalangan SI Cirebon.

Namun demikian, dia memastikan dukungan tersebut masih berada di tingkat daerah. Dia mengakui dukungan kepada Ridwan Kamil belum menjadi keputusan DPP.

Ridwan Kamil merupakan pemenang Pilgub Jabar 2018. Sebelumnya, jebolan Arsitektur ITB itu mengemban amanah sebagai Wali Kota Bandung. Sederet terobosan dilakukan Ridwan Kamil selama memimpin.

Di antaranya menggulirkan program pemberdayaan masyarakat pesantren lewat One Pesantren One Product (OPOP), kemudian Satu Desa Satu Hafizh (Sadesha), English for Ulama hingga penerbitan Perda Pesantren, yang pertama kali ada di Indonesia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.