Tutup Posko Mudik, Kapolres Sukoharjo Diberi 'Hadiah' Satu Gerobak Ketupat

Oleh Dewi Divianta pada 10 Mei 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 11:00 WIB
Penutupan Pos Lebaran, Kapolres Sukoharjo Didatangi Gatotkaca
Perbesar
Penutupan Pos Lebaran, Kapolres Sukoharjo Didatangi Gatotkaca (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Solo - Senin, 9 Mei 2022 merupakan hari pamungkas posko mudik atau posko pengamanan Idul Fitri 2022 di semua wilayah. Tak ada yang berbeda dari penutupan posko tersebut di berbagai daerah, kecuali yang terjadi di Posko Pengamanan Idul Fitri 2022 Polres Sukoharjo di Kawasan Solo Baru. 

Yang menarik dari penutupan posko mudik di Solo Baru itu adalah, saat perwakilan warga, pedagang kaki lima, komunitas ojol, dan penarik becak memberikan hadiah satu gerobak ketupat sebagai simbol ucapan maaf dari masyarakat dan terima kasih kepada polisi.

Belasan perwakilan dari gabungan masyarakat itu tampak mengenakan kostum seperti spiderman, superman, dan sosok gatotkaca mendatangi posko mudik dan menyerahkan satu gerobak ketupat.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengaku terharu sekaligus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas apresiasinya kepada pihak kepolisian dalam rangka penanganan arus mudik dan balik. 

 


Kendaraan Masuk Sukoharjo Naik Dibanding Sebelum Masa Pandemi

Polisi dapat satu Gerobak Ketupat
Perbesar
Polisi Pengamanan Mudik Dapat Hadiah Satu Gerobak Ketupat (Dewi Divianta/Liputan6.com)

"Posko Pengamanan Idul Fitri tahun ini per hari ini resmi ditutup. Saya ucapkan terima kasih kepada msyarakat yang selalu taat berlalu lintas dan apresiasi ini (ketupat)," kata AKBP Wahyu di Posko Pengamanan Idul Fitri 2022 di Solo Baru, Senin (9/5/2022).

Ia menjelaskan makna pemberian ketupat bisa diartikan dengan pengakuan salah (ngaku lepas; bahasa Jawa) bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri sebagai ajang bermaaf-maafan.

"Ada warga masyarakat yang memberikan apresiasi dengan surprise dan membawa satu gerobak ketupat. Ketupat ini yang memiliki makna mengaku lepat atau permohonan maaf. Kami juga memohon maaf apabila selama ini ada kesalahan kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, dirinya menjelaskan di kawasan hukum Polres Sukoharjo khususnya arus balik itu telah melalui puncaknya pada hari Jumat (7/5/2022) kemarin. 

"Intensitas meningkat, dibandingkan pada tahun sebelum pandemi, tapi meski meningkat tidak ada kemacetan, cuma ada kepadatan di wilayah Kartasura yaitu dari arah Klaten dan Yogyakarta. Dari arah pintu tol Colomadu cukup padat itu sejak Jumat, Sabtu, dan Hari Minggu tidak," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya