Capai Produksi Minyak Mentah Sesuai Target, Pertamina Balikpapan Genjot Operasional Kilang

Oleh Apriyanto pada 10 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 18:00 WIB
Produksi Minyak Mentah
Perbesar
Produksi minyak mentah di KPI Unit Balikpapan mencapai susai target. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Pengelolaan minyak mentah melalui unit Crude Distilation Unit (CDU) yang dilakukan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan selama libur lebaran Idul Fitri 2022, sesuai dengan target yang direncanakan. Di mana rata-rata minyak mentah yang diolah mencapai 240 ribu barel per hari.

Hal ini diungkapkan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, pada Senin (9/5/2022). "Keandalan operasional kilang dapat terjaga sehingga pengolahan minyak mentah melalui CDU dapat sesuai dengan target yang direncanakan," terangnya

Sebelumnya, RU Unit Balikpapan menyampaikan bahwa dalam menghadapi Idul Fitri 2022, KPI Unit Balikpapan telah melakukan beberapa langkah di antaranya memastikan pengaturan pekerja dalam mengoperasikan kilang, memastikan stok minyak mentah yang akan diolah mencukupi, memastikan keandalan kilang, serta menyediakan material-material yang diperlukan serta memastikan BBM yang diproduksi dapat terkirim ke titik serah sesuai permintaan Pertamina pemasaran.

"Ada beberapa faktor penting dalam pengoperasian kilang. Keandalan kilang merupakan hal yang sangat penting. Di samping itu, pengaturan arus masuk minyak mentah dan arus keluar hasil produksi juga merupakan hal yang sangat penting," kata Chandra.

Pengaturan arus masuk minyak mentah sangat diperlukan untuk menjamin bahwa bahan baku yang akan diolah mencukupi. Sementara pengaturan arus keluar produk hasil pengolahan perlu agar tangki-tangki penampung hasil produksi tetap tersedia.

"Monetisasi produk hasil pengolahan juga menjadi hal yang penting. Untuk itu, KPI Unit Balikpapan perlu memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan dapat dikirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran," jelasnya.

Kesuksesan ini juga berkat dukungan dari para pemangku kepentingan yang telah memberikan dukungan selama libur Idul Fitri tahun ini. "Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pemangku kepentingan RU Unit Balikpapan. Semoga kilang RU Unit Balikpapan ke depan dapat terus berjalan dengan normal dan aman serta kerja sama dengan para pemangku kepentingan dapat terus meningkat," tutup Chandra.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya