Sukses

Hasil Tes Antigen Acak di Bandara dan Pelabuhan Balikpapan Tak Temukan Pemudik Covid-19

Setelah Pemkot Balikpapan menggelar tes antigen acak di bandara dan hasilnya negatif, kali ini Lanal Balikpapan turut melakukan tes antigen terhadap penumpang kapal di Pelabuhan Semayang.

Liputan6.com, Balikpapan - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Balikpapan saat arus balik usai lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar tes antigen secara acak terhadap para penumpang di pesawat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan beberapa waktu lalu. Dari 92 sampel dari penumpang yang diperiksa, Pemkot memastikan semuanya negatif Covid-19.

"Kami sudah lakukan tes acak antigen di Bandara SAMS. Total ada 92 penumpang dari Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta sudah diperiksa dan hasilnya negatif," terang Kabid Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli, pada Senin (9/5/2022).

Dengan hasil antigen ini, Pemkot memastikan mudik periode ini cukup aman. Selanjutnya, Satgas Covid-19 juga akan menggelar tes antigen acak di Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan.

"Kami masih menunggu jadwal kedatangan kapal, tapi tadi pagi informasinya Lanal Balikpapan juga menggelar tes acak antigen di Pelabuhan Semayang," terang Zulkifli.

Dia berharap status PPKM Balikpapan bisa turun ke level 1 hari ini. Mengingat, sejauh ini kasus Covid-19 di Balikpapan terus menurun. Bahkan, dalam beberapa hari ini tak ada penambahan kasus.

"Kalau melihat kasus sekarang ini seharusnya bisa di level 1 (PPKM). Maksimal ke level 2 lah," harapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanal Balikpapan Gelar Tes Antigen

Balai Kesehatan Lanal Balikpapan menggelar tes antigen acak terhadap para penumpang yang turun dari Kapal KM Bukit Siguntang pada Senin (9/5/2022) pagi.

Tes antigen sendiri dilakukan di Pelabuhan Semayang Balikpapan dipimpin langsung oleh Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz.

"Kegiatan tes acak antigen ini dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan," tegas Rasyid.

Dari sekitar 2.128 penumpang kapal yang turun di pelabuhan Semayang, sebanyak 92 penumpang dilakukan tes antigen. Dari seluruh penumpang yang di antigen semuanya negatif. "Ada 92 penumpang yang kita tes secara acak, dan Alhamdulillah semuanya hasilnya negatif," dia menandaskan.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini