Sukses

5 Besar Destinasi dari Bandara Kualanamu Selama Libur Lebaran 2022

Selama 16 hari atau dari H-10 hingga Lebaran hari keenam, 22 April hingga 7 Mei 2022, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, secara kumulatif mencapai 258.544 orang.

Liputan6.com, Deli Serdang Selama 16 hari atau dari H-10 hingga Lebaran hari keenam, 22 April hingga 7 Mei 2022, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, secara kumulatif mencapai 258.544 orang.

"Untuk pergerakan pesawat pada periode tersebut sebanyak 2.143 penerbangan," kata Pelaksana tugas (Plt) Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu, Eri Braliantoro, Minggu (8/5/2022).

Adapun 5 besar destinasi dari Bandara Kualanamu pada 22 April hingga 7 Mei 2020 atau masa libur Lebaran tahun ini adalah ke Cengkareng (Jakarta), Batam, Kulonprogo Yogyakarta, Bandung, dan Kuala Lumpur.

"PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat berkolaborasi sehingga pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar, dan kini bersiap menyambut arus balik," ujar Eri.

Realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder Bandara Kualanamu adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara.

"Juga kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akomodir Tingginya Permintaan

Dipaparkan Eri Braliantoro, melalui kolaborasi tersebut, pihaknya dapat mengakomodir tingginya permintaan pada masa Angkutan Lebaran 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan.

"Meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi Covid-19," paparnya.

Lancarnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 di Bandara Kualanamu juga tidak terlepas dari komitmen seluruh staf PT Angkasa Pura II.

3 dari 4 halaman

Arus balik Lebaran

Diungkapkan Eri Braliantoro pada Sabtu, 7 Mei 2022, Bandara Kualanamu telah bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik.

Diperkirakan pergerakan penumpang pada 7 Mei (H+5) mencapai sekitar 20.788 penumpang dan jumlah ini akan meningkat hingga puncak arus balik 8-9 Mei 2022.

"Pada arus balik, PT Angkasa Pura II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi dan transportasi darat," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu terletak di Kabupaten Deli Serdang, berjarak 23 km arah timur dari pusat Kota Medan. Bandara ini adalah bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Soekarno-Hatta, Jakarta, dan bandara baru, Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.