Jalur Ajibarang-Bumiayu Macet, Polresta Banyumas Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Oleh Liputan6.com pada 08 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 16:00 WIB
Kendaraan macet puluhan kilometer di jalur Brebes-Banyumas, titik Ajibarang-Pekuncen-Bumiayu, Brebes. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi - Kendaraan macet puluhan kilometer di jalur Brebes-Banyumas, titik Ajibarang-Pekuncen-Bumiayu, Brebes. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Banyumas - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan arus balik H+4 Lebaran 2022 di simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dari pantauan di simpang SPBU Ajibarang, Sabtu (7/5) malam, anggota Polresta Banyumas dibantu personel Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas memberlakukan sistem buka tutup terhadap arus kendaraan yang datang dari arah Wangon (jalur selatan Jateng, red.) maupun dari arah Purwokerto (jalur tengah Jateng, red.) yang akan menuju Tol Pejagan atau jalur pantura melalui ruas Ajibarang-Bumiayu.

Dalam hal ini, saat arus kendaraan dari arah Wangon dipersilakan masuk ke ruas jalan Ajibarang-Bumiayu, arus kendaraan dari arah Purwokerto ditutup sementara.

Demikian pula ketika arus kendaraan dari arah Purwokerto dipersilakan jalan menuju jalur pantura, arus kendaraan dari arah Wangon ditutup sementara.

Hal itu dilakukan Polresta Banyumas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di simpang SPBU Ajibarang akibat pertemuan arus kendaraan dari arah Wangon dan Purwokerto yang hendak menuju jalur pantura melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu.

Kendati demikian, arus kendaraan di ruas Ajibarang-Bumiayu sesekali tersendat karena adanya beberapa tikungan tajam dan tanjakan di ruas jalan penghubung jalur tengah/selatan Jateng menuju jalur pantura itu.

"Seperti diketahui di daerah Pekuncen ke atas (bagian ruas Ajibarang-Bumiayu, red.) itu ada tikungan (membentuk) S, ada tanjakan, kemudian arus kendaraan ini ada kendaraan-kendaraan besar, sehingga kendaraan ini mengalami perlambatan ketika menanjak," kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu, dikutip Antara.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pemudik Terjebak di Ajibarang

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya melakukan penarikan-penarikan arus kendaraan yang dilakukan Tim Urai.

Selain itu, pihaknya juga memberdayakan Tim Raimas untuk mengingatkan kendaraan-kendaraan yang beristirahat di bahu jalan agar masuk ke kantong-kantong parkir, sehingga tidak menghambat arus balik.

Salah seorang pemudik bersepeda motor yang hendak kembali ke Tangerang, Andre mengaku berangkat dari Kebumen pukul 18.00 WIB dan sampai di Ajibarang pukul 20.30 WIB.

"Secara umum suasana arus balik dari arah Kebumen hingga Ajibarang ramai lancar dan baru tersendat di sini," kata dia yang sengaja memanfaatkan arus balik H+4 Lebaran karena mulai masuk kerja pada hari Senin (9/5).

Seorang pengemudi mobil pribadi yang hendak balik ke Subang, Boy mengaku berangkat dari Yogyakarta pada pukul 08.00 WIB dan sampai di Ajibarang pukul 20.00 WIB.

"Ya kurang lebih sekitar 12 jam dari Yogyakarta sampai sini. Arus mulai sering tersendat sejak memasuki wilayah Kebumen," katanya.

Meskipun sejak pukul 21.00 WIB arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu mulai mengalir ramai lancar, Polresta Banyumas masih memberlakukan sistem buka tutup terhadap arus kendaraan yang datang dari arah Wangon maupun Purwokerto.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya