Sukses

Pastikan Masuk Balikpapan Negatif, Pemkot Tes Antigen Penumpang di Bandara Sepinggan

Mengantisipasi penyebaran covid-19 pasca lebaran, Pemkot bersama Forkopimda menggelar tes antigen acak di pintu masuk Kota Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Untuk terus mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui tim satuan tugas (Satgas) Covid-19 bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan tes acak antigen di terminal kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan tes antigen ini dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan, Asisten Tata Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan, Kasatpol PP, Kepala Diskominfo, serta forkopimda.

Usia meninjau kegiatan antigen, kepada awak media Rahmad Mas’ud mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait antisipasi penyebaran Covid-19 pasca-libur lebaran, salah satunya dengan melakukan tes acak antigen dengan minimal 90 sampel. "Untuk hari ini lebih dari 100 sampel kami ambil,” terang Rahmad, pada Sabtu (7/5/2022) siang.

Dia berharap, dari sejumlah sampel yang diambil ini tidak ada yang positif Covid-19, semua negatif dan dalam keadaan sehat.

“Kegiatan ini juga kami lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita semua untuk memutus dan mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Balikpapan," papar Rahmad.

Terlebih menurutnya, Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur (Kaltim) dan pintu gerbang menuju Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Penajam Paser Utara (PPU) perlu adanya kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

"Artinya, saat warga mudik lebaran ke kampung halaman dan kembali lagi ke Balikpapan harus benar-benar sehat terbebas dari Covid-19," harapnya.

Kegiatan tes antigen secara acak ini akan dilakukan di pintu-pintu masuk Kota Balikpapan seperti Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Selain di pintu Bandara SAMS Sepinggan pelaksanaan tes acak antigen ini juga nantinya akan digelar di Pelabuhan Semayang,” tambahnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Covid-19 Terus Melandai

Sampai saat ini kasus Covid-19 di Kota Balikpapan terus melandai, terlihat dari kasus penambahan covid-19 yang tidak ada dalam beberapa hari ini, hanya 1 sampai 2 orang saja dan saat ini masih dalam tahap perawatan atau isolasi mandiri.

“Mudah-mudahan di Minggu ini tidak ada yang positif, tentunya jadi keuntungan bagi kita semua masyarakat aman dan tidak ada lagi pembatasan dalam beraktivitas,” kata orang nomor satu di Pemkot Balikpapan ini.

Ditanya mengenai status PPKM di Balikpapan, Rahmad terangkan saat ini masih berada di level 3, dan masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait kebijakan PPKM di tanggal 9 Mei mendatang.

"Mudah-mudahan kondisinya bisa stabil, dan Balikpapan kembali turun menjadi PPKM level 1,” Rahmad menandasinya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.