Anomali Mudik Lebaran 2022, Arus Kendaraan Banten-Lampung Kembali Meningkat

Oleh Liputan6.com pada 08 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 10:00 WIB
Pemudik sepeda motor padati pelabuhan merak
Perbesar
Pemudik sepeda motor padati pelabuhan merak

Liputan6.com, Serang - Kabid Humas Polda Banten Kombes Polisi Shinto Silitonga mengungkapkan bahwa pihaknya mencatat peningkatan yang signifikan terkait masyarakat yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung dari Pelabuhan Merak, Banten.

“Arus yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju ke Lampung juga mengalami peningkatan, yaitu dari 41.114 pada Kamis (5/5), meningkat menjadi 56.193 penumpang pada Jumat (6/5),” kata Shinto di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, dikutip Antara.

Selaras dengan peningkatan pada jumlah penumpang kapal, jumlah kendaraan bermotor yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan catatan akumulasi penumpang angkutan Lebaran Tahun 2022 milik PT ASDP Indonesia Ferry (persero), jumlah kendaraan bermotor pada periode Kamis (5/5) pukul 08.00 WIB hingga Jumat (6/5) pukul 08.00 WIB mencapai 8.124 unit kendaraan.

Sedangkan, pada periode Jumat (6/5) pukul 08.00 WIB hingga Sabtu (7/5) pukul 08.00 WIB, jumlah kendaraan mengalami peningkatan hingga mencapai 10.517 unit kendaraan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

Saksikan Video Pilihan Ini:


Antrean Kendaraan

Pantauan udara pelabuhan merak dipadati pemudik
Perbesar
Pantauan udara pelabuhan merak dipadati pemudik

“Peningkatannya sebesar 2.903 unit kendaraan atau mencapai 29,4 persen,” ucapnya.

Peningkatan ini, tutur Shinto melanjutkan, menjadi antisipasi kepolisian setempat guna mencegah terjadinya antrean yang mengular maupun kemacetan di kawasan Pelabuhan Merak.

Pihaknya juga melakukan evaluasi terkait dampak pengumuman pemerintah yang memperpanjang liburan anak sekolah sehingga kembali terjadi peningkatan arus kendaraan dan orang yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

“Ini menjadi data yang harus diantisipasi mengingat terjadi peningkatan jumlah orang maupun kendaraan yang melintas dari Pelabuhan Merak menuju Lampung,” kata Shinto.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya