Sukses

Vaksinasi Tahap Satu di Kalsel Capai 93 Persen, Booster 14 Persen

Capaian vaksinasi di Kalimantan Selatan untuk tahap satu kini sudah mencapai 93 persen dan akan terus dikebut untuk pemenuhan tahap kedua.

Liputan6.com, Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak mendukung program nasional menuju kekebalan kelompok. Dinas Kesehatan Kalsel mengeluarkan informasi terkait perkembangan penerapan vaksinasi di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Dianuddin menyebutkan capaian vaksinasi hingga Rabu, 4 Mei 2022, telah melewati 90 persen. Sedangkan untuk tahapan vaksinasi akan terus digalakkan usai libur lebaran.

“Sesuai pesan gubernur, kita akan kembali lagi melaksanakan vaksin bergerak ke wilayah wilayah di Kalimantan selatan untuk membantu kabupaten-kota mencapai meningkatkan capaian,” sebut Dianuddin kepada Liputan6.com, Kamis (5/5/2022).

Capaian vaksinasi disebutkan, untuk Tahap Pertama mencapai 2.943.675 orang (93,12%), Tahap Kedua 2.313.431 orang (73,18%), sedangakan Tahap Ketiga (booster) mencapai 455.118 orang (14,39%). Total suntikan vaksinasi sebanyak 5.712.224 orang (90,35%) dengan sasaran yakni 6.322.274.

Kepala Dinkes yang baru dilantik pada Jumat, 14 April lalu ini akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memenuhi capaian tersebut. Tentunya dalam pelaksanaan Vaksinasi Bergerak yang dimotori langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Vaksinasi Bergerak tersebut nantinya akan menjangkau seluruh kabupaten dan kota di Kalsel. Tidak hanya untuk vaksinasi tahap I dan II namun juga meningkatkan cakupan vaksin Booster setelah libur panjang lebaran.

“Kita juga tetap masih dapat dari pusat jadi kita terus menggencarkan vaksinasi, khususnya ini untuk mencapai kekebalan imunitas supaya kita lebih nyaman lagi,” tambah Dianuddin, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar itu.

Target Vaksinasi Bergerak nantinya menyasar kepada semuanya tahapan, tahap I, II, dan III. Capaian untuk vaksin tahap III akan lebih digencarkan, hingga saat ini Kalimantan Selatan baru mencapai 14 persen.

Sementara pembatasan aktivitas masyarakat saat ini telah dilberikan kelonggaran, namun imbauan agar tetap mematuhi protokol kesehatan kiranya masih harus diperhatikan. Termasuk  juga dalam mengisi hari libur lebaran seperti saat ini.

“Kita imbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudian yang penting itu vaksinasi bagi yang belum, ini penting untuk menjaga kekebalan imunitas dan kekebalan tubuh, kondisi Covid-19 sudah mulai melandai, akan tetapi vaksinasi hingga ketiga juga penting untuk menyempurnakan imunitas,” pungkasnya.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.