Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai Besok, Polda Sumut Imbau Masyarakat Pulang Lebih Awal

Oleh Reza Efendi pada 05 Mei 2022, 23:16 WIB
Diperbarui 05 Mei 2022, 23:17 WIB
[Bintang] Ini Tips Buka Puasa Saat Kena Macet
Perbesar
Ilustrasi mudik Lebaran

Liputan6.com, Medan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut mengimbau kepada masyarakat yang mudik untuk memilih pulang lebih awal pada libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Imbauan ini disampaikan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas. Sebab, arus balik libur Lebaran diprediksi akan memuncak pada 6, 7, 8 Mei 2022. 

"Kita imbau masyarakat jangan pulangnya last minute. Arus balik diprediksi puncaknya Jumat, Sabtu, dan Minggu," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Irianto, Kamis (5/5/2022).

Indra juga mengimbau kepada masyarakat yang mudik pada Lebaran kali ini untuk tidak secara berbarengan memilih hari atau waktu baliknya di Sabtu dan Minggu.

"Lebih awal lebih baik," pungkasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:


Strategi One Way

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak
Perbesar
Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, pada hari keempat Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah meninjau Pos Pengamanan di Jalan Lintas Medan-Aceh, Kabupaten Langkat, Kamis (5/5/2022)

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, pada hari keempat Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah meninjau Pos Pengamanan di Jalan Lintas Medan-Aceh, Kabupaten Langkat, Kamis (5/5/2022).

Setibanya di Pos Pengamanan Jembatan Kwaluh Langkat, Kapolda Panca langsung memberikan arahan sekaligus menyampaikan strategi One Way kepada personel.

"Strategi disampaikan untuk mengatur arus balik libur Lebaran dari Aceh menuju Sumut dan Pulau Jawa," sebutnua.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut mengimbau personel harus aktif mengingatkan pengemudi yang dari arah Aceh menuju Medan untuk mempercepat laju kendaraan, agar mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

"Nantinya, mobil lantas dari Simpang SPN langsung menarik kendaraan dari arah Aceh untuk mempercepat menuju ke Kota Medan," katanya.


Sistem Buka Tutup

Lalu Lintas di Langkat
Perbesar
Sistem buka tutup arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Langkat

Menurut Kapolda Sumut, Panca Putra, sistem buka tutup arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Langkat akan dibuat tempo waktunya melihat kepadatan volume kendaraan yang melintas.

"Diharapkan strategi yang disampaikan ini dapat dipedomani seluruh anggota untuk mengatur arus lalu lintas, sehingga kemacetan di Jalinsum Langkat dapat diminimalisir," tutur Panca.


Diimbau Hati-hati Berkendara

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi
Perbesar
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengimbau kepada masyarakat yang berpergian maupun mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara dalam mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

"Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut mencatat selama tujuh hari Operasi Ketupat Toba 2022 kejadian kecelakaan lalu lintas di Sumut turun sangat drastis," katanya.

Polda Sumut selama libur Lebaran telah mendirikan pos pengamanan dan pelayanan antar kabupaten dan kota di Sumut, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kepada masyarakat yang melakukan perjalanan apabila mengalami keletihan saat berkendara silakan mendatangi rest area atau posko pelayanan Polda Sumut untuk beristirahat," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya