Sukses

Pedagang Suvenir di Istana Pagaruyung Raup Rezeki Libur Lebaran 2022

Istana Pagaruyung merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Tanah Datar - Banyaknya pengunjung yang mendatangi Istana Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat saat libur Lebaran 2022 berimbas pada pendapatan pedagang suvenir di kawasan objek wisata tersebut.

Salah seorang pedagang di kawasan istana, Maria (30) mengatakan sejak libur Lebaran ini memang terjadi peningkatan penjualan yang cukup tinggi dibanding hari biasa.

"Kalau misalnya sehari terjual satu produk, sekarang bisa seribu, begitulah kira-kira perbandingannya," katanya, Kamis (5/5/2022).

Tingginya tingkat penjualan saat ini, menurut Maria sangat membantu perekenomian keluarganya karena beberapa tahun belakangan penjualan sangat sepi akibat pandemi Covid-19.

Ia menyebut pengunjung banyak membeli suvenir khas wisata unggulan Tanah Datar tersebut, seperti baju yang bergambar istana, tempat pensil, topi dan sejumlah barang ikonik lainnya.

Pedagang lainnya, Rani (35) mengatakan hal senada, libur Lebaran kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi Istana Pagaruyung sempat ditutup karena Covid-19.

"Iya angin segar bagi kami pedagang di sini," ujarnya.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lalu Lintas Macet

Rani berharap, setelah masa libur Lebaran nanti pengunjung tetap ramai datang ke Istana Pagaruyung sehingga penjualan suvenir terus laris manis.

Sementara salah seorang pangunjung Istana Pagaruyung, Hamzah menyampaikan ia dan keluarga berkunjung pada H+3 Lebaran ini untuk mengisi waktu libur.

"Istana Pagaruyung ini tidak terlalu jauh dari daerah saya, sehingga lebih terjangkau dan tidak lama di perjalanan," jelasnya.

Meski demikian, ia dan keluarga sempat terjebak macet di perjalanan menuju Istana Pagaruyung. Namun ia mengaku hal itu tidak menjadi masalah karena momen libur Lebaran waktunya berkumpul dengan keluarga.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.