Sukses

Polisi Berlakukan One Way di Tol Palimanan Hari Ini, Cek Jadwalnya

Pemberlakuan satu arah itu dilakukan guna mengurai kemacetan kendaraan yang terpantau mulai padat.

Liputan6.com, Bandung - Pihak kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di ruas Tol Palimanan pada Kamis (5/5/2022). Pemberlakuan satu arah itu dilakukan guna mengurai kemacetan kendaraan yang terpantau mulai padat.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Romin Thaib mengatakan, one way akan diberlakukan pada Kamis (5/5/2022) pukul 11.00-24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama km 188 sampai dengan km 72 Tol Cikampek.

"Kemudian dilanjutkan contra flow sampai dengan tol Jakarta Cikampek km 47 dan kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur," kata Romin.

Romin menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan PT Jasa Marga bahwa ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity ratio) sebesar 1,19.

Di samping itu, dari data arus lalu lintas pada Rabu (4/5/2022) dari pukul 06.00-18.00 WIB, kendaraan yang telah melewati ruas Jalan Tol Cipali mengalami tren peningkatan.

"Melalui pemantauan CCTV baik yang ada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital, memang terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat. Selain itu berdasarkan pantauan anggota di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas, arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya," ujarnya.

Untuk itu, kata Romin, apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang, maka pelaksanaan rekayasa one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada.

Namun, apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal, maka rekayasa lalin one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama km 188 sampai dengan Tol Jakarta Cikampek km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.

Romin menambahkan, mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way akan dilaksanakan sterilisasi pada jalur maupun rest area selama dua jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way atau pada pukul 09.00. Setelah itu, rekayasa lalin one way akan dimulai pukul 11.00 WIB.

"Setelah pelaksanaan one way pukul 24.00 WIB, akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama dua jam setelah pelaksanaan one way (02.00) setelah itu jalur akan dibuka secara normal," ucapnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.