Sukses

Lebaran 2022 Bawa Angin Segar bagi Sektor Pariwisata di Pariaman

Momen Lebaran 2022, pengunjung memadati destinasi wisata di Kota Pariaman.

Liputan6.com, Pariaman - Momen Lebaran 2022, destinasi wisata di Kota Pariaman, Sumatera Barat dipadati pengunjung. Hal ini merupakan angin segar bagi geliat perekonomian daerah setempat setelah dua tahun sepi karena Pandemi Covid-19.

Sejumlah destinasi Pariaman yang harus Anda kunjungi yakni Pulau Angso Duo, Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh.

Beriringan dengan itu, satu hari setelah Lebaran 2022, Pemerintah Kota Pariaman menggelar Festival Pantai. Ribuan wisatawan memadati objek wisata pada hari pertama tersebut.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan Pariaman Raup Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp40 juta lebih dari sektor Pariwisata.

"Jumlah tersebut berasal dari retribusi tiket masuk, dimana retribusi tiket masuk Destinasi Kota Pariaman sebesar Rp5.000 rupiah per orang, untuk di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh, sedangkan yang ke Pulau Angso Duo, retribusi sebesar Rp10.000 rupiah per orang," jelasnya, Rabu (4/5/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Kunjungan

Genius mengatakan tingkat kunjungan wisatawan pada hari pertama penyelenggaraan Festival Pantai Kota Pariaman ini mencapai 7.636 orang, yang datang berwisata baik perorangan, keluarga, maupun berkelompok.

Kemudian, untuk di Pantai Gandoriah berjumlah 4.015 orang, Pantai Kata sebanyak 2.033 orang, dan Talao Pauh berjumlah 1.100 orang.

Khusus ke Pulau Angso Duo, Genius mengatakan di hari pertama Festival Pantai Pariaman, berjumlah 488 orang. Tingginya kunjungan ini juga berimbas ke masyarakat yang berjualan atau pedagang yang menjual kuliner dan suvenir.

"Sehingga perekonomian Kota Pariaman yang terjadi selama Festival Pantai nantinya, akan meningkat," ujarnya.

Genius juga berharap, agar semua masyarakat Kota Pariaman dan wisatawan yang datang, untuk dapat menjaga ketentraman dan ketertiban, serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di destinasi wisata Kota Pariaman dan tempat umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.