Sukses

4 Jenis Bakpia Khas Yogyakarta yang Cocok Jadi Pilihan Oleh-Oleh

Kelezatan bakpia sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta tak perlu diragukan lagi, ditambah kini banyak inovasi baru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh autentik khas Yogyakarta. Para wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta terasa belum lengkap apabila tidak membeli bakpia sebagai buah tangan. 

Kelezatan bakpia sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta tak perlu diragukan lagi, ditambah kini banyak inovasi baru.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut variasi bakpia yang dapat menjadi oleh-oleh Yogyakarta.

1. Bakpia Kukus

Bakpia biasanya dimasak dengan cara dipanggang. Namun, kini bakpia juga dapat diolah dengan cara dikukus. Bakpia kukus pertama kali muncul pada 2017.

Bukannya memanggang bakpia hingga kering, bakpia yang satu ini dibuat menggunakan kukusan. Namun sayangnya, bakpia ini hanya dapat bertahan hingga 4 hari.

Para wisatawan harus memperhitungkan dengan cermat waktu lama perjalanan, apabila ingin membawa bakpia kukus sebagai buah tangan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakpia Renyah

2. Bakpia Crispy atau Renyah

Bakpia crispy menjadi inovasi variasi bakpia di Yogyakarta yang tak kalah lezat. Bakpia crispy dibuat kering tanpa kadar air.

Lapisan atau kulit bakpia dibuat lebih asin dan gurih ketimbang bakpia pada umumnya karena meminimalkan penggunaan air dan gula pada adonan. Bakpia crispy dapat bertahan 3 hingga 6 bulan penyimpanan.

Meski dapat bertahan lama, bakpia ini sama sekali tidak mengguanakan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

3. Bakpia Basah

Bakpia basah khas Yogyakarta memiliki tekstur yang lembut dan halus. Kulit bakpia basah hanya terdiri dari satu lipatan saja, berpadu dengan berbagai macam varian juga dibuat sedikit lebih lembab.

Kulit bakpia basah menjalani proses perendaman menggunakan minyak selamat 10 menit. Tujuannya, agar kadar minyak dapat menjaga kelembapan adonan kulit saat proses pemanggangan.

Bakpia basah dapat bertahan hingga satu minggu di dalam suhu ruangan.

4. Bakpia Kering

Bakpia kering memiliki tekstur kulit yang lebih renyah dibandingkan bakpia basah. Adonan kulit bakpia kering terdiri dari 2 hingga 3 lapisan adonan.

Lapisan-lapisan kulit bakpia kemudian digilas agar saat proses pemanggangan, kulit bakpia lebih kering dan renyah. Bakpia kering mampu bertahan hingga 14 hari di dalam suhu ruangan, meskipun tidak menggunakan pengawet.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini