Sukses

5 Tempat Wisata Ramah Anak di Yogyakarta, Ada yang Sediakan Bioskop 8D

Banyak tempat wisata Yogyakarta yang dapat menjadi tempat bermain anak sekaligus wisata edukasi yang menyenangkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berbagai kalangan. Hampir semua jenis objek wisata dapat ditemukan di Yogyakarta, salah satunya objek wisata ramah anak.

Banyak tempat wisata Yogyakarta yang dapat menjadi tempat bermain anak sekaligus wisata edukasi yang menyenangkan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata ramah anak Yogyakarta.

1. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) Yogyakarta dibangun pada 2014 dan memiliki luas hingga 7 hektare. SKE Yogyakarta merupakan sebuah taman bermain sekaligus wahana edukasi yang menyenangkan.

SKE memiliki bianglala bernama cakra manggilingan dengan tinggi 48 meter. Cakra manggilingan terdiri dari 28 buah kapsul yang masing-masing dapat memuat empat orang. Daya tarik utama bianglala ini adalah persembahan bird eye view 360 derajat, para wisatawan  dapat melihat keseluruh penjuru Yogyakarta.

Bukan hanya bianglala yang ikonik, SKE juga memiliki 18 wahana bermain lainnya, seperti, House of Terror (Rumah Hantu), Area Ketangkasan, Bioskop 8D, Bioskop 4D, Montor Tumbur (Bumper Car), Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Cangkir Mabur (Spinning Cup), Kursi Mabur (Flying Chair), Taman Lampu, dan Waterpark.

SKE juga menawarkan berbagai macam wahana edukasi, mulai dari omah batik, omah musik, hingga planetarium. SKE buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 23.00. WIB.

Tiket SKE juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 140.000. Tempat wisata ramah anak ini berlokasi di Jalan Jambon, Krangilan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Monjali

2. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen Jogja Kembali (Monjali) disebut-sebut sebagai destinasi wisata keluarga yang memiliki nilai edukasi sekaligus menyenangkan. Monjali menyimpan sejarah Indonesia dan budaya.

Monumen yang menyerupai tumpeng setinggi 31,8 meter ini, terdiri dari tiga lantai. Di lantai satu tersimpan lebih dari 1000 koleksi yang berkaitan dengan aksi penyerangan Belanda pada tahun 1945.

Lantai dua bangunan tersebut berisi mengenai diorama dan relief, sedang di lantai tiga berfungsi sebagai ruang hening untuk mengenang para jasa pahlawan.

Harga tiket destinasi wisata monjali seharga Rp 15.000. Jam operasional wahana ini buka setiap hari, pukul 09.00 hingga 14.00.

Monumen Jogja Kembali (Monjali) berada di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Jongkang, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

Taman Pelangi

3. Taman Pelangi

Taman pelangi menjadi destinasi wisata ramah anak yang cocok dikunjungi saat malam hari. Seperti namanya, taman ini menghadirkan gemerlap warna-warni pelangi yang berasal dari lampu-lampu beraneka warna dan bentuk.

Aneka bentuk patung dan lampion yang menyala menjadi daya tarik destinasi wisata  ini sekaligus menjadi spot yang Instagramable. Selain aneka lampion dan lampu berwarna-warni, taman pelangi juga memiliki aneka wahana permainan dan wisata kuliner.

Taman pelangi berlokasi satu kawasan dengan objek wisata Monjali, yakni berda di Jalan Ring Road Barat, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Taman Pelangi buka setiap hari mulai pukul 16.30 hingga 22.00 WIB.

Tiket masuk wisata ini dibanderol mulai dari Rp 15.000 pada hari kerja dan Rp 20.000 pada akhir pekan.

 

4 dari 5 halaman

Museum Dirgantara

4. Museum Dirgantara

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala atau Museum Dirgantara menjadi salah satu museum yang menyenangkan untuk dikunjungi keluarga, terlebih anak-anak. Museum ini menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah TNI AU Indonesia.

Museum yang berdiri sejak tahun 1978 ini dulunya merupakan sebuah bangunan pabrik gula peninggalan masa kolonialisme seluas 4,3 hektare.  Bukan hanya menyimpan aneka benda mengenai TNI AU, museum ini juga berisi pesawat-pesawat yang pernah digunakan TNI AU.

Museum yang berlokasi di Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Harga tiket masuk museum ini juga cukup terjangkau hanya Rp 6.000 per orang.

5 dari 5 halaman

GL Zoo

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka Zoo merupakan kebun raya dan kebun binatang terbesar di Yogyakarta. Selain aneka koleksi konservasi hewan, kebun binatang ini memiliki berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan.

Para wisatawan dapat berinteraksi dengan para koleksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap dan terjaga.

Kebun binatang ini berlokasi di Jalan Veteran No. 47, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, buka setiap Sabtu hingga Kamis pukul 09.00 hingga 15.00.

Harga tiket masuk kebun binatang ini mulai dari Rp 75.000 per orang.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.