Sukses

Khatib Salat Idul Fitri di Mapolda Sumut, Tuan Guru Batak: Mari Kita Lebih Bersyukur

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar Salat Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Senin (2/5/2022).

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar Salat Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Senin (2/5/2022).

Hadir dalam Salat Idul Fitri, Irwasda Polda Sumut, Kombes Pol Armia Fahmi, Dir Polairud Polda Sumut, Kombes Pol Toni Ariadi Effendi, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, PJU Polda Sumut, serta personel.

Khatib Salat Idul Fitri, Tuan Guru Batak, Syekh Ahmad Sabban El-Rahmaniy Rajagukguk, dalam tausiahnya menekankan agar lebih bersyukur serta berbakti kepada orang tua.

"Bulan Suci Ramadhan yang dijalani selama satu bulan penuh sebagai momentum refleksi diri kita untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," katanya.

Disampaikan Ahmad, Polda Sumut dan jajaran telah membuktikan komitmen sebagai pengayom dan pelayan dengan menjalankan berbagai program-program dalam membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu.

"Saya bangga dengan Polda Sumut dan jajaran karena berkomitmen membantu kaum duafa, terutama di masa pandemi Covid-19," kata Tokoh Kerukunan Beragama Sumut itu, sembari berharap program-program melayani masyarakat harus tetap dilanjutkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawa Nuansa Baru

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, tahun ini perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah membawa nuansa baru, dikarenakan pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik ke kampung halaman.

Hal itu dapat diberikan karena tingkat vaksinasi yang tinggi, serta penyebaran Covid-19 yang sudah sangat sedikit. Tentunya semua itu untuk dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat agar dapat bersilaturahmi dengan keluarga, dan dapat meningkatkan ekonomi nasional.

Kapolda Panca juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada yang merayakan, dan berharap momentum Lebaran dijadikan untuk mempererat silaturahmi, serta memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME.

"Saya selaku Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Malam Takbiran Aman dan Tertib

Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak, memastikan malam takbiran di wilayah Sumut dalam kondisi aman dan tertib.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Panca saat melakukan kunjungan ke beberapa Pos Pengamanan (Pospam) yang ada di Kota Medan, dan merupakan rangkaian Operasi Ketupat Toba Tahun 2022, Minggu, 1 Mei 2022.

"Secara keseluruhan atau secara umum situasi di Provinsi Sumatera Utara dalam keadaan aman, tertib, dan lancar semuanya," kata Panca.

Kunjungan Kapolda Sumut memantau beberapa Pospam untuk memberikan motivasi kepada seluruh jajaran yang bertugas, juga memberikan perhatian kepada petugas yang sudah bekerja dalam waktu kurang lebih sejak 28 April 2022.

"Kita Pastikan semua petugas-petugas di lapangan siap untuk memberikan pelayanan," ungkap jenderal bintang dua tersebut.

4 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan

Kapolda Panca juga menambahkan, pelaksanaan pengamanan Idul Fitri tahun ini sebagaimana arahan Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, diberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakannya, termasuk mudik.

"Kita imbau kepada masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan, dan petugas di lapangan semua siap mengamankan masyarakat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.