Sukses

Shalat Idul Fitri di Kantor Gubernur Sumbar Diwarnai Hujan Lebat, Jemaah Basah Kuyup

Ratusan orang yang telah bersiap menjalani ibadah shalat Idul Fitri di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Senin (2/5/2022) sontak berhamburan mencari tempat teduh.

Liputan6.com, Padang - Ratusan orang yang telah bersiap menjalani ibadah shalat Idul Fitri di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Senin (2/5/2022) sontak berhamburan mencari tempat teduh saat hujan mengguyur tempat tersebut. 

Hujan yang turun tiba-tiba membuat sebagian jemaah yang telah duduk di karpet yang disediakan, tidak sempat menghindar sehingga basah kuyup. Sebagian mereka di saf terdepan bisa segera berlari dan berteduh di pelataran kantor gubernur, namun tetap basah oleh guyuran hujan.

"Langit memang agak mendung dari subuh, namun sudah agak terang menjelang pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Karena itu kami tetap datang untuk shalat. Ternyata hujan," kata salah seorang umat Islam setempat, Novear, yang mengikuti Shalat Id di tempat itu.

Salah seorang umat Islam yang datang ke halaman kantor gubernur setempat menggunakan sepeda motor, David, mengatakan panitia mengumumkan untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sumbar.

Namun, karena sudah basah kuyup dan hujan masih belum berhenti, ia memilih untuk tetap berteduh di pelataran kantor gubernur setempat.

Sebagian umat yang datang ke tempat itu menggunakan mobil segera bergeser ke Masjid Raya Sumbar untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah.

Sebelumnya, Kepala Biro Kesra dan Bina Mental Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar Irsyad mengatakan panitia telah mengantisipasi gangguan cuaca saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri di halaman kantor gubernur dengan menyiapkan lokasi alternatif di Masjid Raya Sumbar.

Saat ternyata turun hujan, maka lokasi alternatif dioptimalkan bagi jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah yang digelar Pemprov Sumbar. Shalat Idul Fitri secara rutin setiap tahun digelar di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Namun, dua tahun terakhir ditiadakan karena pandemi COVID-19, sedangkan tahun ini kembali digelar Shalat Id di tempat itu, namun turun hujan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.