Sukses

Sebagian Warga di Aceh Barat Masih Puasa Ramadhan Hari Ini 2 Mei 2022

Sebagian masyarakat di wilayah pantai barat Aceh, masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan hari ini Senin (2/5/2022).

Liputan6.com, Aceh Barat - Sebagian masyarakat di wilayah pantai barat Aceh, masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan hari ini Senin (2/5/2022), meski pemerintah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 2 Mei 2022. 

“Ada perbedaan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah pada tahun 2022 ini, tapi hal tersebut adalah lumrah,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, di Meulaboh, Minggu (1/5/2022) tengah malam.

Ramli mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tetap melaksanakan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah pada Senin (2/5/2022), dan menggelar shalat id yang dipusatkan di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama Kementerian Agama setempat bersama kalangan ulama dan unsur terkait melakukan pengamatan "rukyatul hilal" di kawasan Desa Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat pada Minggu petang.

Bupati Ramli MS mengatakan perayaan Idul Fitri pada tahun 2022 Masehi tetap mengikuti keputusan pemerintah, yang menetapkan Idul Fitri 1443 Hijriyah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Meski demikian, ia memaklumi ada masyarakat yang masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada Senin (2/5), dan akan merayakan Idul Fitri 1443 Hijriyah pada Selasa (3/5) esok.

Ia mengatakan perbedaan perayaan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di kalangan masyarakat Aceh adalah hal yang lumrah terjadi di tengah-tengah masyarakat setempat.

Pihaknya berharap perbedaan perayaan hari besar agama umat Islam tersebut semakin meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat di Tanah Air, demikian Ramli MS.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaminan Keamanan

Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat di provinsi ini untuk merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Masyarakat Aceh tidak perlu khawatir terkait keamanan dan kelancaran selama pelaksanaan mudik maupun perayaan Idul Fitri 1443 H," katanya, di Banda Aceh, Minggu.

Polda Aceh dan jajaran, katanya, menyiagakan sebanyak 1.827 personel untuk mengamankan masyarakat saat mudik dan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pengamanan tersebut melibatkan sebanyak 1.412 personel dari TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP dan WH, serta instansi terkait lainnya.

Terkait mudik, tambahnya, mengingatkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung agar memastikan kendaraannya dalam keadaan prima sebelum mudik.

"Kami mengingatkan pemudik untuk mematuhi rambu lalu lintas, menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun agar terwujud mudik aman dan sehat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan Polda Aceh menyiagakan tim patroli bersepeda motor di setiap Posko Pengamanan Operasi Ketupat Seulawah 2022.

"Tim patroli yang disiagakan tersebut bertujuan untuk mengawal arus mudik serta mengamankan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah," katanya.

Menurut dia, tim patroli tersebut siap melaksanakan tugas patroli ke lokasi-lokasi yang mengalami kemacetan maupun lokasi rawan lainnya seperti kejahatan.

"Tim patroli ini untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang mudik maupun saat merayakan Lebaran 2022," papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.