Sukses

Puluhan Rumah di Medan Hangus Terbakar, Bobby Pastikan Kebutuhan Lebaran Korban Terpenuhi

Si Jago Merah mengamuk di pemukiman warga Jalan Wahidin, Kelurahan Pandau Hulu 2, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Peristiwa terjadi Minggu (1/5/2022) sekitar pukul 02.40 WIB.

Liputan6.com, Medan Si Jago Merah mengamuk di pemukiman warga Jalan Wahidin, Kelurahan Pandau Hulu 2, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Peristiwa kebakaran terjadi Minggu (1/5/2022) sekitar pukul 02.40 WIB.

Api kemudian dapat dipadamkan pada pukul 06.10 WIB setelah petugas pemadam kebakaran (damkar) tiba. Sekitar 40 rumah tercatat hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, sebanyak 154 warga yang tadinya tinggal di kawasan tersebut saat ini tidak punya tempat tinggal.

Melihat kondisi tersebut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, langsung meninjau. Setelah menghadiri kegiatan Hari Buruh Internasional, Bobby menjenguk para korban kebakaran.

"Kurang lebih 154 warga jadi korban musibah ini. Sebagian sudah mengungsi ke rumah saudara. Beberapa di antara korban ada yang akan merayakan Lebaran," kata Bobby.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Langkah Pertama Bobby Nasution

Langkah pertama yang akan dilakukan Bobby adalah memerintahkan dinas terkait agar segera mencari tempat tinggal sementara bagi para korban kebakaran.

Selain mencarikan tempat tinggal sementara, Bobby juga memperhatikan fasilitas untuk para korban.

"Tempat tinggalnya disiapkan. Fasilitasnya seperti selimut, sleeping bag, bad cover, hingga makanan untuk yang merayakan Lebaran itu segera kami sediakan," sebut Bobby Nasution.

3 dari 5 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Tidak ada korban luka berat atau meninggal dunia dalam musibah kebakaran tersebut.

"Tapi, yang luka-luka ringan harus segera diobati," sebut menantu Presiden Jokowi itu.

Bobby Nasution juga mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan jalur untuk keadaan darurat di setiap pemukiman.

"Petugas damkar sulit masuk ke akses lokasi kejadian akibat kondisi sempit," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Imbauan ke Warga Medan

Bobby Nasution mengaku selalu mengimbau dan menyampaikan ke warga agar segera melaporkan jika pemukiman tidak ada fasilitas darurat. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kepada BPBD saya juga sudah minta agar disosialisasikan, apalagi ini dekat dengan rel kereta api," pungkas suami Kahiyang Ayu itu.

5 dari 5 halaman

Laporan BPBD Medan

Sebelumnya, dalam keterangan BPBD Kota Medan, Minggu (1/5/2022) terjadi kebakaran pukul 02.40 WIB di Jalan Wahidin (Pasar Besi) Lingkungan IX dan X, Pandau Hulu 2, Kecamatan Medan Area.

Objek yang terbakar sekitar 40 unit rumah. Upaya TRC BPBD Kota Medan melakukan pendataan di lokasi kejadian, pendirian tenda pengungsi, serta memfasilitasi peralatan tenda dan dapur umum lapangan.

Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. Sedangkan korban jiwa atau meninggal dunia nihil. Api dapat dipadamkan oleh Dinas P2K pada pukul 06.10 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.