Sukses

Anggota Pramuka Ramai-Ramai Bantu Para Pemudik Lebaran di Berbagai Daerah

Puluhan ribu anggota Pramuka se-Indonesia turun ke jalan untuk membantu para pemudik di Idul Fitri 2022.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 10.000 orang anggota Pramuka di Indonesia, membantu pemudik yang pulang kampung dalam rangka Hari Idul Fitri 2022.

Mereka tersebar di stasiun kereta api, terminal bus, rest area jalan tol, tempat wisata, dan Posko Mudik Lebaran yang dibangun pemerintah dan Polri.

Anggota Pramuka Penegak, Pandega dan Pembina Pramuka, membantu pemudik yang lanjut usia dan anak-anak. Serta membantu petugas kesehatan dan petugas di stasiun dan terminal bus antar kota.

Sedangkan anggota Pramuka Saka Bhayangkara membantu polisi mengatur lalu lintas di jalur mudik. Setiap tahun, Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan Karya Bakti Lebaran (KBL) yang diikuti Pramuka Penegak berusia 16-20 tahun. Lalu, anggota Pandega yang berusia 21-26 tahun dan orang dewasa yakni pembina dan andalan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan agar para anggota kita selalu siap menolong orang lain, sebagaimana tercantum secara jelas dalam Satya dan Darma Pramuka," ujar Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Kamis (28/4/2022).

Menurut Budi Waseso, kegiatan KBL tersebut bagian dari pengabdian masyarakat dan selaras dengan tema Rakernas Pramuka 2022.

Yaitu ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’, yang menjadi tema kegiatan kepramukaan pada tahun ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Para Pemudik

“Gerakan Pramuka harus bertekad untuk mengabdi tanpa batas dalam membangun generasi muda yang tangguh. Pada gilirannya dapat dengan tangguh pula memimpin bangsa dan NKRI. Salah satunya adalah mengabdi tanpa batas dalam kegiatan KBL 2022,” ujarnya.

Sekjen Kwarnas Bachtiar Utomo yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Provinsi Banten meluncurkan kegiatan KBL.

Bersama ratusan Pramuka dari Kwarda Banten, Bachtiar membantu petugas pelabuhan mengatur ribuan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Sementara itu, Ketua Kwarda Lampung Chusnunia Chalim, mengkoordinir ratusan Pramuka di Dermaga Pelabuhan Bakauheni untuk menyambuk pemudik dari Jawa.

“Kami memaksimalkan keberadaan posko-posko yang sudah ada di kabupaten/kota, agar Kwarda/Kwarcab dapat bersinergi dengan kepolisian lalu lintas, maupun pemerintah daerah untuk membantu kelancaran arus mudik,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Ketua Kwarda Pramuka DI Yogyakarta GKR Mangkubumi dan puluhan Pramuka petugas KBL menyambut para pemudik yang baru tiba di Stasiun Tugu beberapa hari lalu.

“Saya berharap pemudik yang baru datang untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama di Yogyakarta dan nanti kembali ke rumah dalam keadaan sehat,” katanya.

Di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, anggota Pramuka membantu acara Mudik Gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut melepas 212 unit bus yang diisi 11.000 orang warga, untuk mudik ke Jawa dan Sumatera.

Anies Baswedan yang juga Ketua Mabida Pramuka Jakarta, mengapresiasi adik-adik Penegak dan Pandega yang membantu petugas di Terminal Pulo Gebang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.