Sukses

Cegah Human Eror Mudik Lebaran, Polda Sumut Tes Urine Awak Angkutan Darat, Laut, Udara

Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022, Tim Direktorat (Dit) Reserse Narkoba Polda Sumut melaksanakan pemeriksaan urine terhadap awak beserta kru angkutan darat, laut, dan udara.

Liputan6.com, Medan Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022, Tim Direktorat (Dit) Reserse Narkoba Polda Sumut melaksanakan tes urine terhadap awak beserta kru angkutan darat, laut, dan udara.

Direktur Res Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji mengatakan, pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan sebagai bentuk upaya mencegah peredaran narkoba.

"Juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat tindak penyalahgunaan narkotika," kata Wisnu, Sabtu (30/4/2022).

Saat pemeriksaan angkutan udara, Tim Dit Res Narkoba Polda Sumut melakukan tes urine terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

"Para pilot dan pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat akibat pengaruh narkoba," terang Wisnu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Pengawasan

Wisnu juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta barang bawaan penumpang.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik Lebaran," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Tes Urine

Diterangkan Wisnu, tujuan dari pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap angkutan ini untuk memastikan awak dan kru tidak ada yang mengonsumsi narkotika.

"Ini untuk menjaga keselamatan penumpang dari human eror," terangnya.

4 dari 4 halaman

Rehabilitasi Jika Positif Narkoba

Diungkapkan Wisnu, terhadap kru beserta awak angkutan darat, laut, dan udara yang positif mengkonsumsi narkoba akan dilakukan assement atau rehabilitasi.

"Tes urine ini akan terus dilakukan selama libur lebaran Idul Fitri dalam mencegah tindak penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Sumut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.