Sukses

Info Mudik 2022: Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Via Pantura Cirebon Diprediksi Hari Ini

Jajaran Polres Ciko mengakui, sejak diberlakukan oneway di ruas tol, kepadatan terjadi di jalur arteri Cirebon

Liputan6.com, Cirebon Ratusan ribu kendaraan mudik lebaran diperkirakan masih berpotensi melintas di Pantura Cirebon baik jalur tol maupun arteri. 

Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP M. Fahri Siregar mengatakan, puncak arus mudik lebaran 2022 terjadi dua hari. Pertama hari Jumat kemarin dan kedua hari Sabtu, 30 April 2022.

"Masih ada 120 ribuan kendaraan lagi melintas dan one way akan terus dilakukan sampai besok pagi," kata Fahri Siregar di sela-sela kegiatan monitoring Pospam Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Pospam Kalijaga, Jumat malam (29/4/2022).

Dari pantauan, sejumlah pemudik masih memadati jalur Pantura Cirebon. Ratusan ribu kendaraan tersebut menuju Jawa Tengah.

Petugas gabungan nampak siaga mengatur kelancaran arus mudik lebaran 2022. Dia mengakui, sejak diberlakukan oneway di ruas tol, kepadatan terjadi di jalur arteri Cirebon. 

Dia mengatakan, sejak Jumat pagi sudah melakukan rekayasa lalulintas dengan mengalikan kendaraan arah Jakarta melalui jalur lain atau diarahkan ke Kabupaten Indramayu. 

"Beberapa ruas jalan pertigaan dan perempatan juga sudah kami tutup. Jalur Pantura ini mengalami peningkatan kendaraan terutama pada saat Jumat pagi sampai sore hari khususnya dari Jawa Tengah ke Jakarta," ujarnya.

Namun demikian, Fahri mengatakan, rencananya Sabtu pagi akan dilakukan normalisasi ruas jalan tol. Kendaraan yang dari arah Jawa Tengah bisa kembali menggunakan jalur tol. 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

Sementara itu Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, arus mudik tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah khususnya jalur Pantura di Kota Cirebon ini semua petugasnya siaga mulai dari kepolisian hingga relawan-relawan. Ini terbukti mampu menangani mengurai kemacetan. Dan juga mampu mengatasi terjadinya kecelakaan,"katanya.

Azis juga menilai semua pospam Operasi Ketupat Lodaya 2022 juga sudah terlihat bagus.

"Selain itu juga kesiapan di pos ya juga bagus mulai dari kelengkapan P3K nya lengkap termasuk kelengkapan prokesnya. Jadi ini sangat membantu sekali kepada masyarakat yang mudik hingga nyaman dan selamat hingga ke tempat tujuannya,"ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.