Sukses

Antusias Warga Mudik Gratis Pemko Medan: Sangat Terbantu dan Senang

Rasa haru dan bahagia terpancar dari wajah para pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pemko Medan. Pada Jumat, 29 April 2022, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, melepas keberangkatan pemudik di Jalan Pulau Pinang.

Liputan6.com, Medan Rasa haru dan bahagia terpancar dari wajah para pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pemko Medan. Pada Jumat, 29 April 2022, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, melepas keberangkatan pemudik di Jalan Pulau Pinang.

Setelah tidak pulang ke kampung halaman lebih dari 2 tahun akibat pandemi Covid-19, akhirnya sebagian besar masyarakat Kota Medan dapat merasakan mudik untuk berlebaran bersama keluarga pada momentum Idul Fitri 1443 Hijriah.

Program yang pertama kali diadakan Pemko Medan ini merupakan wujud nyata kepedulian Bobby Nasution. Dengan adanya program mudik gratis ini, masyarakat juga merasa sangat terbantu dari segi ekonomi.

Seorang warga yang merasakan manfaat dari program mudik gratis Pemko Medan ini adalah Nurhayati Sitompul, yang ingin pulang kampung bersama keluarganya ke Kota Padang Sidempuan.

Nurhayati mengaku sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis. Nurhayati mengatakan, sudah 8 tahun tidak pulang ke kampung halaman karena masalah ekonomi.

"Sangat merasa bersyukur Bapak Wali Kota Medan membuat program mudik gratis ini," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terima Kasih ke Wali Kota Medan

Nurhayati mudik bersama suami, anak, dan sepupunya. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang telah membuat program mudik gratis.

"Saya sangat berharap program ini dapat terus berkelanjutan, tidak hanya di tahun ini aja," ujarnya.

Selain Nurhayati Sitompul, masyarakat lainya yang sangat merasa terbantu dengan adanya program mudik gratis Pemko Medan ini adalah Irma Hasibuan. Ia sangat bahagia dengan adanya program mudik gratis, karena sangat membantu di tengah pandemi Covid-19.

"Sudah dua tahun tidak pulang ke kampung halaman,saya sangat senang dengan adanya program mudik gratis ini, terima kasih kepada bapak Wali Kota Medan," sebutnya.

3 dari 5 halaman

3.491 Warga Ikut Mudik Gratis

Sebanyak 3.491 warga yang mengikuti Program Mudik Bareng Pemko Medan dilepas keberangkatannya oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dari Jalan Pulau Pinang, Jumat, 29 April 2022.

Program Mudik Bareng Pemko Medan merupakan yang pertama kali dilaksanakan tanpa menggunakan APBD, dan merupakan hasil kolaborasi dengan stakeholders, pelaku usaha, Kadin, Bank Sumut, serta didukung Forkompimda Medan.

"Seluruh stakeholder yang ada di Kota Medan kita ajak bersama-sama untuk hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Bobby.

Pada pelepasan mudik gratis tersebut, semangat dan kegembiraan terpancar di wajah para pemudik yang sudah lama merindukan merayakan Idul Fitri di kampung halaman mereka.

Dikatakan Bobby Nasution, 2 tahun ke belakang banyak warga yang belum pernah lagi merasakan mudik, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 ini merupakan momen luar biasa.

"Pemko Medan menggelar kegiatan mudik bersama. Sampaikan salam dari kami, dari Pemko Medan kepada keluarga yang ada di kampung halaman, " ujarnya.

4 dari 5 halaman

13 Daerah Tujuan

Ada 13 daerah tujuan dalam program mudik gratis ini. 13 daerah tujuan itu adalah Medan-Gunungtua, Medan-Kotapinang, Medan-Palas, Medan-Rantauparapat, Medan-Natal, Medan-Padangsidempuan, Medan-Panyabungan, Medan-Parapat, Medan-Sipirok, Medan-Tarutung, Medan-Sibolga, Medan-Sidikalang, Medan-PakpakBarat.

Dirincikan, pada Jumat, 29 April 2022 yang merupakan hari pertama pelaksanaan program ini, , Pemko Medan memberangkatkan 1250 pemudik dengan menggunakan 25 bus besar dan 20 bus kecil.

Pada Sabtu (30/4/2022), diberangkatkan sebanyak 1.575 pemudik menggunakan 27 bus besar, 1 bus sedang, dan 29 bus kecil, dan pada Minggu, 1 Mei 2022, diberangkatkan sebanyak 666 pemudik menggunakan 16 bus besar dan 7 bus kecil.

5 dari 5 halaman

Disambut Antusias Warga

Kepala Bappeda Medan yang bertindak sebagai Ketua Panitia Program Mudik Bareng Pemko Medan, Benny Iskandar melaporkan, program ini berlangsung selama 3 hari, yakni 29 dan 30 April, serta 1 Mei 2022 bersamaan dengan peringatan Hari Buruh.

"Sasaran dari program ini adalah buruh, pekerja, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat di Medan," ujarnya.

Benny juga melaporkan, program mudik gratis ini disambut antusias oleh masyarakat. Dalam 3 hari pendaftaran dibuka, jumlah jumlah warga yang mendaftar sudah melampaui jumlah yang ditargetkan, sehingga melebihi batas ketersediaan bus.

"Dengan sangat terpaksa pendaftaran terpaksa ditutup pada hari ketiga, lebih cepat dari yang telah dijadwalkan. Panitia memohon maaf kepada masyarakat yang belum bisa ditampung pada tahun ini," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.