Sukses

Info Mudik 2022: Jalur Pantura Cirebon Arah Jakarta Macet Imbas Penerapan One Way

Selain penerapan one way, kemacetan arus mudik di Jalur Pantura Cirebon juga disebabkan karena banyaknya simpul atau perempatan.

Liputan6.com, Cirebon - Arus mudik lebaran di Pantura Cirebon terpantau semakin ramai. Kepadatan arus lalu lintas di Pantura Kota Cirebon terjadi dua arah. 

Kemacetan kerap terjadi di jalur Pantura Cirebon arah Jakarta, mulai dari kendaraan pribadi hingga truk dan elf memadati jalur pantura Kota Cirebon.

Pantauan di lapangan, kemacetan terjadi dari arah Mundu sampai dengan arah Kedawung. Selain itu, juga di sepanjang jalan bypass A Yani dan Brigjend Darsono Cirebon

Antrean kendaraan dari berbagai jenis memadati jalur pantura Cirebon. Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengungkapkan pihaknya melakukan rekayasa arus lalu lintas di mana jalur kendaraan dialihkan ke arah Gunung Jati dan Kapetakan menuju Jakarta.

Dia mengatakan, ada beberapa perempatan ditutup. Kendaraan tersebut akan diputarbalikkan di tempat tertentu sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Selain penerapan one way, kemacetan juga disebabkan karena banyaknya simpul atau perempatan. Dia menyebutkan, ada beberapa perempatan yang akan dilakukan penutupan sampai arus lalu lintas menjadi lancar.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak antrean kendaraan pemudik yang didominasi roda dua di salah satu pom bensin di Jalan Ahmad Yani bypass Cirebon.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Urai

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Raya Sunan Gunungjati terjadi kemacetan yang cukup panjang karena adanya rekayasa arus lalu lintas, yang didominasi kendaraan jenis bus dan truk.

Petugas gabungan terlihat siaga mengatur kelancaran arus mudik. Diketahui, kemacetan yang kerap terjadi di jalur arteri arah Jakarta karena ruas Tol Palikanci Cirebon masih diberlakukan one way. 

"Iya dan masih berlangsung belum ada penghentian dari Korlantas terkait pembersihan arus di jalur B. Sehingga, untuk one way masih berlangsung sampai dengan saat ini," ujar Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja.

Polres Ciko sempat menerjunkan tim urai untuk membantu mengurai terjadinya kepadatan di jalur arteri dari Jawa Tengah menuju Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.