Bandung PPKM Level 2, Warga Boleh Salat Id dengan Kapasitas 100 Persen

Oleh Huyogo Simbolon pada 30 Apr 2022, 01:00 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 01:00 WIB
Salat id Lapangan Gasibu
Perbesar
Ribuan warga melaksanakan salat id di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (5/6/2019). (Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan umat Muslim bisa melaksanakan salat Idul Fitri pada 1 Syawal mendatang. Salat Id bisa dilakukan dengan kapasitas 100 persen untuk tempat terbuka dan 75 persen untuk pelaksanaan di masjid.

"Karena situasi Covid-19 sangat terkendali, semua bisa melaksanakan salat Idul Fitri 100 persen di tempat terbuka dan 75 persen di masjid," katanya, Kamis (28/4/2022).

Yana menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait teknis pelaksanaan salat Id. Ia pun mengatakan, situasi pandemi di Kota Bandung sudah semakin baik di mana saat ini berada pada PPKM level 2.

Namun Yana tak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksin.

"Mudah-mudahan kita bisa kembali beraktivitas mendekati normal dengan protokol kesehatan. Mudah-mudahan kita bisa beribadah dengan lebih tenang," ujarnya.

Untuk diketahui, capaian vaksinasi di Kota Bandung telah mencapai 113 persen untuk dosis pertama, 103 persen untuk dosis kedua, dan lebih dari 30 persen untuk dosis ketiga.

Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl mengatakan, dengan membaiknya kondisi pandemi maka kegiatan akan kembali normal termasuk kegiatan di masjid. Menurutnya, masjid harus hadir bersama masyarakat, mengawal, mencerdaskan, dan membimbing masyarakat. 

"Setelah beridul fitri kita makmurkan kembali masjid. Mengikuti apa yang disampaikan pemerintah. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan Idul Fitri dengan nyaman," ujarnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya