Kapolda Bali Lepas Rombongan Mudik Gratis ke Banyuwangi dan Jember

Oleh Dewi Divianta pada 29 Apr 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 29 Apr 2022, 12:40 WIB
Kapolda Bali Lepas Rombongan Bus Mudik Gratis Dari Bali
Perbesar
Kapolda Bali Lepas Rombongan Bus Mudik Gratis Dari Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Denpasar - Wajah-wajah riang dan semringah itu satu per satu menaiki tangga-tangga bus yang bertuliskan mudik gratis tujuan Denpasar-Banyuwangi dan tujuan Jember, Jawa Timur. Raut kebahagiaan terpancar jelas di wajah para perantau di wilayah Bali dan sekitarnya yang hendak mudik ke kampung halamannya menggunakan bus gratis. Fasilitas ini disiapkan oleh Kepolisian Bali, kerja sama Polresta Denpasar dan Polda Bali.

Rombongan bus tersebut dilepas langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, didampingi Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas. Dua pejabat tinggi kepolisian Bali itu sebelum melepas rombongan para pemudik memberikan imbauan agar tetap menerapkan prtokol kesehatan selama mudik.

"Sebanyak 150 orang warga Denpasar yang mendaftar dan mengikuti mudik gratis kali ini, sesuai syarat yang sudah ditemukan pemerintah warga yang akan mudik harus sudah melakukan Vaksin I, II dan Booster dan Pos yan Terpadu juga menyiapkan tenaga kesehatan jika ada peserta mudik yang belum melakukan vaksinasi," ujar dia.

Kapolda Bali menambahkan mudik gratis yang disiapkan oleh kepolisian Bali itu salah satu upaya meringankan beban masyarakat yang ingin pulang kampung. Hal itu juga bertujuan menekan penggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil untuk mudik, serta agar masyarakat merasa aman dan nyaman pulang ke kampung.

 


Tetap Patuhi Prokes Selama Mudik

"Kita harapkan masyarakat yang mudik tetap mematuhi ketertiban selama perjalanan dan tetap menjaga kesehatan sehingga aman dan sehat sampai di tujuan mudik," tutur dia.

Sementara itu, dirinya mengimbau kepada seluruh pemudik, meski sudah diizinkan pulang kampung atau mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada tahun ini, dirinya berharap seluruh warga perantau tetap menjalankan protokol kesehatan agar tidak adaklaster mudik penyebaran Covid-19.

Pihaknya bekerja sama dengan TNI dan unsur pengamanan lainnya siaga pada titik atau pos-pos pengamanan dan pelayanan di sepanjang jalur mudik menuju Pulau Jawa sudah siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik.

Sementara itu, Neni salah satu pemudik mengaku senang dengan program mudik gratis tersebut, dirinya berharap setiap tahunnya terus diaadakan hal serupa.

"Senang banget bisa mudik gratis bareng keluarga. Ini pertama kalinya ikut mudik gratis, semoga tahun depan ada lagi," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya