Sukses

Selamat Datang, Motor Pemudik dari Jakarta di Solo

Sebanyak 143 unit motor peserta mudik motor gratis telah sampai di Terminal Tirtonadi, Solo pada Kamis (28/4/2022). Motor-motor tersebut diangkut menuju kota tujuan Solo dengan menggunakan lima armada truk.

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 143 unit motor milik peserta mudik gratis Kementerian perhubungan telah tiba di Terminal Tirtonadi, Solo pada Kamis (28/4/2022). Sedangkan para pemilik motor tersebut rencananya baru akan tiba pada Kamis malam hingga Jumat pagi. 

Pantuan Liputan6.com, sebanyak 143 unit motor tampak diturunkan dari lima truk yang digunakan untuk mengangkut mudik motor gratis. Setelah diturunkan di terminal, motor-motor milik pemudik itu langsung dipindahkan ke lantai dua terminal terpatnya di depan hall sportarium.

Koordinator pengiriman mudik motor gratis area Solo, Yeldi Ramadhan mengatakan program mudik motor gratis merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Motor pemilik pemudik akan diberangkatkan terlebih dahulu ke sejumlah kota tujuan di Jawa salah satunya Solo.

"Teknisnya pemberangkatan itu melalui TMII, Pasar Kemis Tangerang. Mereka ngumpulin motor dulu pada tanggal 25–27 April 2022. Motor berangkatnya lebih dulu," kata dia saat ditemui di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (28/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilik Motor Menyusul

Selanjutnya, mudik motor gratis yang diangkut menggunakan lima armada bus itu sampai di Terminal Tirtonado secara bergelombang mulai dari Kamis siang hingga Kamis sore. Kemudian motor tersebut dikumpulkan sembari menunggu diambil para pemiliknya yang baru berangkat ikut program mudik 2022 pada Kamis pagi.

"Pemudik berangkat tadi jam 08.00 WIB dan besok pukul 08.00 WIB. Nanti setelah sampai di Tirtonadi, peserta mudik gratis itu bisa menunjukkan kartu parkir, STNK yang sesuai dengan validasi saat pemberangkatan motor kemarin," ucapnya.

Dia menyebutkan, kegiatan mudik motor gratis tersebut sebelumnya juga sempat digelar sebelum adanya pandemi COVID-19. Selain Solo, tujuan mudik motor gratis Kementerian Perhubungan di antaranya Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, Madiun dan Surabaya.

"Paling banyak peserta mudik gratis untuk motor dan pemudik itu Solo dibandingkan kota tujuan lainnya," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.