Info Mudik Lebaran 2022: H-4 Idul Fitri, Tol Padalarang dan Cileunyi Belum Dipadati Pemudik ke Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 28 Apr 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 28 Apr 2022, 14:54 WIB
Tol Cileunyi
Perbesar
Arus kendaraan memasuki Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, terpantau lancar pada H-4 Lebaran atau Kamis (28/4/2022)

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana meninjau arus mudik dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga Tol Cileunyi di Kabupaten Bandung, pada Kamis (28/4/2022) siang.

Memasuki H-4 Lebaran, arus mudik yang memasuki wilayah Bandung via Tol Padalarang hingga Tol Cileunyi masih belum ramai pemudik.

"Tadi, pantauan arus mudik Padalarang-Cileunyi, pergerakan kendaraan masih aman terkendali. Informasi yang disampaikan tadi di pintu Tol Padalarang jumlah kendaraan yang tercatat kemarin, sebanyak 24 ribuan yang masuk," kata pria yang akrab disapa Emil di Pos Pengamanan Cileunyi.

Emil menjelaskan, lebih dari 400 pos didirikan di Jawa Barat untuk mengamankan arus mudik Lebaran tahun ini. Sejumlah pos di antaranya menyediakan fasilitas publik bagi pemudik seperti tempat istirahat.

"Kalau lelah ingat jangan dipaksakan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Emil mengungkapkan pelaksanaan one way di Jalan Tol Cikampek KM 47 mulai diberlakukan pada hari ini, Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB. Selain itu, ganjil genap akan diberlakukan sejak sebelum masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jadi, sesuai prediksi arus mudik hari ini, nanti jam 5 sore arah Jakarta, Bandung, sampai Cirebon itu satu arah, sementara sebelum jam 5 masih boleh karena ada contraflow," tuturnya.

Adapun pelaksanaan oneway hari ini akan berlaku hingga 24.00 WIB. Pelaksanaan akan dilakukan dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Tol Kalikangkung KM 414.

Kepada petugas gabungan yang mengamankan arus mudik, Emil meminta agar selalu bersiaga. Sebabnya, mudik tahun ini diprediksi akan membludak setelah dua tahun kegiatan mudik dilarang pemerintah karena pembatasan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Semua bersiaga satu untuk arus datang, arus balik dan tempat tempat wisata. Salakan sambut Lebaran dengan mudik, saya pakai dua tahun rindunya tapi kami para aparat dan pejabat tetap bersiaga," tuturnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya