Sukses

Pembelian Tiket di Pelabuhan Merak Error, Antrean Kendaraan Mengular

Sistem pembelian tiket dan scan barcode tiket di Pelabuhan Merak bermasalah, menyebabkan antrean kendaraan terus mengular keluar pelabuhan, Kamis (28/4/2022).

Liputan6.com, Banten - Sistem pembelian tiket dan scan barcode tiket di Pelabuhan Merak bermasalah, akibatnya antrean kendaraan mudik Lebaran terus mengular keluar pelabuhan, Kamis (28/4/2022). Kini, kerusakan sistem itu tengah diperbaiki.

Sembari menunggu sistem kembali normal, Polres Cilegon melakukan diskresi dengan menaikkan penumpang dan kendaraan ke dalam kapal.

"Kalau ada error dan sistemnya itu bermasalah itu akan kami ambil diskresi supaya tetap naik, karena antrean makin panjang," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, Kamis (28/4/2022).

AKBP Sigit menerangkan, demi kelancaran arus mudik, dimana masyarakat sudah melakukan perjalanan jauh, maka kendaraan yang berada diluar Pelabuhan Merak akan ditarik masuk ke seluruh dermaga yang masih kosong. Kemudian, kendaraan lainnya yang belum masuk ke dalam pelabuhan, mengantre di Jalan Cikuasa Atas yang dijadikan kantung parkir.

"Semua ditarik ke dalam pelabuhan. Kami mengedepankan kepentingan umum, namun tetap mengutamakan keselamatan, kelancaran, kita utamakan," terangnya.

Kapolres Cilegon mengatakan, pemeriksaan dan pembelian tiket di dalam pelabuhan maupun kapal, akan diatur oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Saat ini yang terpenting adalah, arus pemudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera terus berjalan dan tidak boleh terhenti karena kerusakan sistem ticketing.

"(Pemeriksaan tiket) nanti mereka (ASDP) yang ngatur, yang penting harus naik dulu mengisi kapal, supaya ritme kapal tidak terganggu. Kalau ritme kapal terganggu, semuanya bisa terganggu nanti," jelasnya.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Merak Mulai Padat

Sebelumnya, kendaraan pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-4 Lebaran atau hari ini Kamis (28/4/2022).

Kamis dini hari, kendaraan-kendaraan pemudik yang didominasi kendaraan pribadi memadati sejumlah dermaga, seperti Dermaga 1 dan Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak.

"Pemudik mulai memadati Pelabuhan sejak Rabu malam (27/4/2022) pukul 20.00 WIB, Alhamdulillah saat ini sudah bisa terurai," kata Petugas ASDP bernama Evi kepada Antara sambil mengatur lalu lintas di Terminal Eksekutif Merak, Banten pada Kamis.

Para pemudik yang memadati Pelabuhan Merak didominasi kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga Rabu (27/4/2022) pukul 20.00 WIB jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 261.741 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 12.307 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 249.434 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Merak tercatat sebanyak 60.734 kendaraan, dengan kendaraan roda dua tercatat sebanyak 9.129 kendaraan, kendaraan roda empat 32.218 kendaraan, kemudian bus 2.044 kendaraan dan truk 17.343 kendaraan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menjelaskan prediksi puncak mudik Lebaran akan terjadi sekitar tanggal 28-30 April 2022. 

Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan, pihaknya memberlakukan skema rekayasa lalu lintas di wilayah Gerem yang berdekatan dengan Gerbang Tol Merak dan Jalan Gerem, Merak yang mengarah ke Jalan Cikuasa Atas, pada hari ini Kamis (28/4/2022).

"Secara on the spot kami melaporkan di Pos Gerem kami melakukan rekayasa lalu lintas di sini mengarah ke jalan Cikuasa Atas. Jadi di Cikuasa Atas, di jalan layang, di mana kami menunggu apabila kondisi di Cikuasa Atas itu sudah lengang maka kami akan kirim ke sana," katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.