Sukses

Ciptakan BookU, Mahasiswa Universitas Pertamina Kembangkan Aplikasi Penyewaan Buku

Mahasiswa Universitas Pertamina menciptakan aplikasi BookU, yakni aplikasi penyewaan buku secara digital.

Liputan6.com, Jakarta Dua orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina, berhasil menciptakan aplikasi penyewaan buku karya mereka, yang diberi nama BookU.

Aplikasi tersebut bahkan sudah mendapatkan Hak Cipta pada tanggal 29 November 2021 lalu, melalui Surat Pencatatan Ciptaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemhumham).

Aplikasi yang diberi nama BookU tersebut, dibuat oleh Luthfi Anum Pratama dan Fathan Satria Anandika. BookU sendiri adalah aplikasi menghubungkan para pemilik dan penyewa buku, untuk melakukan transaksi sewa.

Dalam pengembangan aplikasi, kedua mahasiswa dibantu oleh dua orang dosen pembimbing dan satu orang tenaga pendidik di Universitas Pertamina.

Luthfi Anum Pratama mengatakan, saat ini mereka sedang melakukan pengembangan untuk komersialisasi aplikasi dengan bantuan rekan-rekan dari program Inkubasi Bisnis, yakni Wulan Azzahra dan Rheyhana Diva.

“Konsepnya sama seperti kebanyakan aplikasi e-commerce lainnya. Pemilik dan penyewa buku terlebih dahulu mengunduh aplikasi melalui gadget, membuat akun, dan memilih mau menyewakan atau menyewa buku,” ujarnya, Rabu (27/4/2022).

Untuk pemilik buku, lanjut mahasiswa Universitas Pertamina tersebut, dapat langsung mengunggah foto buku, mengisi deskripsi buku, dan memasang tarif sewa.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bernilai Ekonomis

Sedangkan untuk penyewa buku, dapat melakukan pencarian buku yang ingin disewa melalui fitur yang sudah tersedia, memilih buku sesuai preferensi lokasi dan harga, mengisi alamat dan metode pengiriman, memilih metode pembayaran, dan melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk pengembalian buku, dijelaskan Luthfi, penyewa dapat mengirimkan kepada pemilik melalui ekspedisi terdekat dan memasukan nomor resi pada aplikasi, jika buku sudah dikirim.

“Selain memberikan nilai ekonomis, para penyewa buku bisa menghemat biaya pembelian buku. Melalui BookU, kami juga berharap dapat membangun iklim wirausaha bagi para generasi muda untuk dapat menyewakan buku yang mereka miliki,” katanya.

Saat ini, mahasiswa Universitas Pertamina tersebut sedang menjajaki kerja sama dengan perpustakaan milik beberapa universitas, dan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

3 dari 3 halaman

Beasiswa UPER

Universitas Pertamina menjadi salah satu kampus yang mengembangkan program kewirausahaan telah dibangun sedari dini. Ada sekitar 30 bisnis rintisan mahasiswa dibina oleh kampus.

Bahkan pembinaan yang diberikan tak hanya sebatas bantuan modal usaha. Universitas juga memberikan akses kemitraan, dan berbagai pelatihan secara reguler, seperti branding, manajemen finansial, leadership, dan kelas entrepreneur.

Termasuk seleksi dan kompetisi program inovasi, workshop, serta bimbingan teknis dan mentoring untuk pendaftaran hak cipta. Universitas Pertamina juga menyediakan beragam beasiswa dengan total nilai Rp 16 miliar. Yang bisa diakses di https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.